Iklan
Iklan

1.800 Napi di Nigeria Kabur Setelah Serangan Penjara

- Advertisement -
Penyerang yang dipersenjatai dengan senapan mesin dan granat berpeluncur roket telah melancarkan serangkaian serangan terkoordinasi di tenggara Nigeria, membebaskan lebih dari 1.800 narapidana dari penjara.

Serangan dimulai sekitar pukul 02.00 Senin waktu setempat di Owerri, sebuah kota di negara bagian Imo, dan berlangsung sekitar dua jam, menurut penduduk setempat Uche Okafor. Orang-orang bersenjata juga menyerang gedung polisi dan militer lainnya, kata pihak berwenang.

“Upaya sedang dilakukan untuk menangkap kembali para tahanan yang melarikan diri,” kata juru bicara penjara Nigeria Francis Enobore, menambahkan bahwa 35 narapidana lainnya tetap tinggal selama istirahat penjara.

nigeria napi penjara

Serangan terkoordinasi itu terjadi kurang dari dua minggu setelah gelombang kekerasan lain di tenggara Nigeria, ketika setidaknya selusin petugas keamanan tewas dalam serangan di empat kantor polisi, pos pemeriksaan militer, dan kendaraan penjara.

Belum ada klaim tanggung jawab, tetapi inspektur jenderal polisi Nigeria menyalahkan Masyarakat Asli Biafra (Indigenous People of Biafra/IPOB) dan Jaringan Keamanan Timurnya, sayap paramiliter dari gerakan separatis yang aktif di wilayah tersebut.

“Penyelidikan awal telah mengungkapkan bahwa para penyerang … adalah anggota Masyarakat Asli Biafra yang dilarang,” kata Frank Mba, juru bicara kepolisian Nigeria.

nigeria napi penjara

IPOB mengatakan mereka berjuang untuk melindungi penduduk Igbo dari penjajah bersenjata asing, tetapi kelompok itu membantah bahwa mereka berada di balik serangan penjara itu.

Polisi mengatakan para penyerang bersenjata lengkap dengan senjata serbu, granat berpeluncur roket, dan alat peledak improvisasi selama kekerasan.

“Upaya para penyerang untuk mendapatkan akses ke gudang senjata polisi di markas besar digagalkan secara total dan tepat,” kata pernyataan polisi.

Beberapa kantor polisi telah diserang di tenggara Nigeria sejak Januari, dengan sejumlah besar amunisi dicuri. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

nigeria napi penjara

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA