Partai PBB Akhirnya Diloloskan Bawaslu untuk mengikuti Pemilu 2019

INDEKSNEWS- Bawaslu akhirnya mengabulkan gugatan Partai Bulan Bintang (PBB) terhadap KPU. Karena Bawaslu menilai bahwa PBB memiliki kelengkapan dan keabsahan sebagai peserta pemilu.

“Menimbang hasil verifikasi faktual berdasarkan berita acara menyatakan status kepengurusan, keterwakilan perempuan 30 persen, domisili kantor dan keanggotaan pada Kabupaten Manokwari Selatan memenuhi syarat,” ujar anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar pada sidang putusan, di Gedung Bawaslu, Jakarta, Minggu (4/3/2018).

Bawaslu juga menyimpulkan bahwa verifikasi KPU di Kolaka Timur adalah sah. Karena Kabupaten Kolaka Timur merupakan daerah otonomi baru dan verifikasi dilakukan sebelum adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang merupakan daerah otonomi baru tentang pembentukan tidak dilakukan verifikasi setelah putusan MK tetapi mengacu pada hasil verifikasi faktual sebelum putusan MK,” ucap Fritz.

Dengan pertimbangan tersebut, Bawaslu memutuskan PBB layak maju sebagai partai peserta pemilu 2019. Bawaslu juga memerintahkan KPU agar segera melaksanakan putusan ini paling lambat 3 hari setelah keputusan dibuat.

“Memerintahkan kepada KPU untuk menetapkan PBB sebagai partai politik peserta Pemilu DPR-DPRD RI tahun 2019,” kata Ketua Bawaslu yang menjadi Ketua majelis pemeriksa sidang, Abhan.

Comments

comments

BACA JUGA:  Inilah Tiga Sikap Politik Gerindra Terkait Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf
Loading...