Prabowo Segera Deklarasi Sementara PAN Masih Belum Tentukan Sikap

IndeksNews – Ketum Gerindra Prabowo Subianto sah menerima mandat menjadi capres 2019. Disebutkan, Prabowo akan mendeklarasikan diri soal pencapresannya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. “Kemungkinan besar deklarasi (Prabowo) itu akan di Banyumas,” kata Waketum Gerindra Arief Poyuono di Padepokan Garuda Yaksa, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).

Namun waktu deklarasi pencapresan Prabowo itu belum bisa ditentukan. Gerindra masih menunggu pernyataan resmi dari PKS dan PAN untuk berkoalisi di Pilpres 2019. Jika mitra koalisi sudah terbentuk, Prabowo berencana sekaligus mendeklarasikan cawapres yang akan mendampinginya.

“Rencananya nanti akan ada deklarasi setelah kita ada suratnya dari sahabat-sahabat kita, PAN dan PKS. Sekalian juga ada nama cawapresnya,” ucap Poyuono.

Ia yakin PKS dan PAN akan merapat bersama Gerindra untuk mengusung Prabowo sebagai capres di Pilpres 2019. Poyuono menyebut sudah ada kedekatan yang terjalin di antara ketiga partai.

“Kami percaya sama sahabat-sahabat partai kita, yaitu partai PKS dan PAN, karena kami bertiga ini sudah seperti saudara ya,” ucapnya.

“Sama-sama berjuang untuk melakukan perubahan besar yang lebih baik bagi Indonesia artinya. Sangat tidak mungkin mereka itu akan pindah ke hati lain ya,” imbuh Poyuono.

Hal senada diucapkan Waketum Gerindra Ferry Juliantono. Kedatangan Ketum PAN Zulkifli Hasan bersama Sekjen PAN Eddy Soeparno dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais di Rakornas Partai Gerindra hari ini dinilai sebagai sinyal positif PAN untuk berkoalisi.

“Ini komplet, ada Pak Amien Rais, ada Pak Zulkifli Hasan, ada Pak Eddy Soeparno, jadi kelihatan kok rasanya lebih afdol hari ini,” kata Ferry.

BACA JUGA:  Inilah Tiga Sikap Politik Gerindra Terkait Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Sementara, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sempat hadir dalam acara Rakornas Gerindra hari ini. Namun, Zulkifli menepis kabar partainya akan bergabung bersama koalisi Gerindra yang telah resmi mencapreskan sang ketum, Prabowo Subianto.

“Belum (ada keputusan berkoalisi dengan Gerindra). Masih jauh Belanda,” kata Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Ia juga menuturkan tawaran untuk berkoalisi dengan Gerindra diberikan kepada berbagai partai. Zulkifli menyebut tawaran itu bukan hanya untuk PAN. “Banyak (yang diberi tawaran koalisi), nggak cuma saya (yang ditawari),” ujar Ketua MPR itu.

Zulkifli kembali menegaskan partainya masih tetap pada keputusan Rakernas PAN 2017, yang menyatakan dirinya diamanahkan sebagai capres di Pilpres 2019. “PAN itu kan sudah memutuskan capresnya Zulkifli Hasan. Nanti kalau ada perubahan, saya akan rakernas lagi. Ini kan belum jelas arahnya. Nanti kira-kira Mei akhir atau Juni (akan dilakukan rakernas),” ungkap Zulkifli.

Sebelumnya diberitakan, Waketum Gerindra Ferry Juliantono menyebut kehadiran elite PAN sebagai sinyal partai tersebut akan bergabung dengan Gerindra di Pilpres 2019. Selain Zulkifli, turut hadir Ketua Dewan Pembina PAN Amien Rais dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Comments

comments

Loading...