Internasional Indie Music Festival Jadi Ajang Berkumpulnya Musisi Indie dan  Mengeksplore Karya – karyanya.

BAGIKAN
Loading...

Indeksnews – Tak dipungkiri gelaran International Indie Music Festival  merupakan wadah para musisi – musisi indie berkumpul dan mengeksplorasi karya – karyanya yang akan di mulai 27 September – 7 Oktober 2018 nanti di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan.

Namun sebelum para musisi – musisi Indie mengeksplore karya – karya terbaiknya di International Indie Music Festival ICE BSD mendatang, mereka diberi kesempatan tampil di Indie Season Road to IIMF 2018 bertepatan di Melody Cafe Bar & Lounge, Grand Kemang Hotel.

Akhir pekan lalu ada penampilan ciamik dengan konsep yang berbeda dari 4 musisi indie seperti Masqa Band, Ian Faster (solois), Vania Mariska (solois) dan Joko In Berlin dengan mengusung ganre masing – masing. Yang istimewa acara ini dihadiri oleh dihadiri oleh pengamat musik tanah air, Bens Leo serta Hary ‘Koko’ Santoso dari Deteksi Production selaku penyelenggara acara ‘International Indie Music Festival 2018’.

Penampilan pertama disugguhkan oleh Masqa Band, band dengan tampilan berbeda dari band yang pernah tampil di Indie Season Road to IIMF sangat unik dan lain dari pada yang lain. Mereka tampil menggunakan topeng atau masker.

Beragam musik dipersembahkan oleh band yang siap membidik pasar beragam ini terlihat dari lagu – lagu yang dibawakan band ini mulai dari musik pop yang “ringan” seperti pada lagu “Cewek I Love You”, lagu “Asa” dengan aransemen berbeda  kemudian ada “Kisah”, dan “Persija” dengan aransemen yang lebih rock dan tampil energik memberi semangat baru di acara ini.

Band yang terbentuk pada tahun 2017 di gawangi oleh Luna (Vokal), Mimut (Vokal), Ebiet (Keyboard) Joni (Gitar)  Adi (Drum), Tias (additonal basst) ini penampilan personil utamanya yang bermasker (topeng).

“Kami sepakat untuk mamakai masker, bukan untuk menyembunyikan identitas, bukan gak mau terkenal, tapi dengan bertopeng ini kami harapkan masquers penggemar Masqa bisa lebih fokus menikmati lagu karya kami dibanding wajah kami”, Luna dan Mimut sang vokalis saat di sela penampilan mereka di Indie Season Road to IIMF 2018 di Melody Cafe Bar & Lounge Grand Kemang, Jumat (27/7/18).

“Sampai kami akan menyerah untuk membuka topeng kami, entah kapan. Namun sesuai nama band, Masqa kami ambil dari kata mask atau topeng ini seperti fashion untuk penampilan,” tambah Luna saat ditanya sampai kapan menggunakan topeng.

Penampilan berikut di panggung Indie Season Road to IIMF adalah solois bernama Kristianto Suryo Adi Prabowo alias Ian Faster, dengan  membawakan beberapa lagu ciptaannya  antara lain, “Ora Oraha”, “Senja” dan “Hantu Di Jendela” ini, Ian Faster memberikan warna berbeda juga dalam panggung Indie Season Road to IIMF ini.

Semangat bermusik solois yang satu ini mampu membangkitkan spirit berkarya lagu-lagu baru dengan lirik dan aransemen yang berbeda ditunjukkan oleh Ia Faster. Dengan membawakan 4 lagu dengan beberapa lirik Jawa, Ian memberikan sebuah sungguhan yang unik dalam penampilannya.

Dalam acara Indie Season Road to IIMF 2018, Ian Faster mengungkapkan bahwa ia dipastikan akan berkolaborasi dengan grup band indie asal Amerika Serikat, Foxtails Brigade

“Foxtails Brigade ternyata malah lebih suka memakai lirik berbahasa Indonesia untuk kolaborasinya lewat lagu “Hantu di Jendela”, padahal lagu itu aslinya berlirik bahasa Inggris. Kaget aja ternyata vokalis Foxtails Brigade, Laura Weinbach terbilang fasih melagukan lirik berbahasa Indonesia,”tambah solois yang juga bekerja di bidang Farmasi ini.

Penampilan berikutnya ada Vania Mariska solois perempuan ini hadir sebagai pendatang baru di blantika musik Indonesia dengan lagu berjudul “Harus Bagaimana?” ciptaan Yudis Dwikorana.

Vania Mariska adalah Dokter gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, yang sedang koass. Saat di tanya bagaimana membagi waktunya penyanyi mantan Abang & None Jakarta Pusat 2014 ini mengatakan sangat berat namun ia mencoba menjalaninya dengan seneng.

“Kalo boleh jujur itu berat banget, kalau dokter gigi itu emang cita – cita aku sejak kecil sedangkan bernyanyi itu passion aku, kalau dijalani dengan senang dan dengan sungguh-sungguh pasti cita-cita dan mimpi kita bisa terwujud, apalagi kalau sudah sesuai dengan passion masing masing.”terang vania

Selain bernyanyi Vania Mariska juga pandai bermain alatmusik Piano dan Guitar.

“Aku ingin orang pun terinspirasi dan ketika orang-orang mendengarkan musik aku mereka ikut terbawa dalam lagu-lagu yang aku nyanyikan. tapl selain itu aku ingin jadi musisi yang dapat menjadi role model yang positif bagi semua orang,”tambah Vania.

Dalam Indie Season Road to IIMF 2018 ini, Vania yang membawakan 3 lagu Covering dan satu lagi sendiri yang berjudul “Harus Bagaimana?” memberikan udara segar para penikmat musik di Melody Cafe dengan gaya bernyanyinya anak jaman sekarang dengan segi vokal Vania memiliki ciri atau timbre yang lumayan khas dan cukup bisa membedakan dari penyanyi yang ada sekarang.

Penampil terakhir di Indie Season Road  to IIMF 2018 ada Joko in Berlin, band yang terbentuk 2 tahun lalu ini adalah band besutan Bery Saint Loco.

Joko In Berlin, band yang mengusung genre musik ambience-experimental atau nuansa dreampop dalam karya-karya mereka ini, terbentuk pada awal 2016. Beranggotakan Popo (keyboard), Fran (bass), Melli (vokal), Kelana (guitar) dan Peter (drums),

Genre musik yang jarang sekali  di garap oleh musisi Indonesia ini diharapkan dengan adanya Joko in Berlin bisa diterima oleh semua masyarakat Indonesia khususnya pencinta musik di Indonesia.

“Harapannya sih musik kita bisa diterima dan dinikmati. Bagi kita yang penting masyarakat suka dan bisa Nerima musik kita, ” ujar Joko in Berlin.

Joko in Berlin di Indie Season Road to IIMF 2018 JokoIn Berlin membawakan lagu-lagu karya mereka “3 AM”, “Ayu” dan single mereka, “Ballads of Colours” dengan nuansa gelap. Sukses buat Masqa, Ian Faster, Vania Mariska dan Joko in Berlin di Internasional Indie Musik Festival Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD mendatang. (@enny_hdyn).

Comments

comments

Loading...
loading...