Rudolf Satri, SH: Kesejahteraan Memang Bukan Hadiah, Tapi Seluruh Rakyat Berhak Memilikinya

BAGIKAN
Rudolf Satri dengan panggilan akrab “Yong”, lahir di Bukittinggi pada 18 Juli 1960. Ayah dan ibunya sama-sama berasal dari Bukittinggi. Ayahnya H. Uzeir Yusuf Dt. Batujuah, adalah seorang Penghulu yang berprofesi sebagai PNS, berasal dari kampung Bantolaweh, sementara ibunya Hj. Salma berasal dari kampung Tangah Sawah. Dia merupakan anak ke 4 (satu²nya anak laki²) dari 9 orang bersaudara.
Loading...

Semenjak tahun 1972, dia juga diangkat sebagai anak oleh pasangan Jamalis dan Husna (pasutri yang berasal dari Pasar Rabaa Maninjau), hal ini membuat sebagian orang juga mengenalnya sebagai orang Maninjau, sehingga dalam hampir seluruh kegiatan IKTR (Ikatan Keluarga Tanjung Raya) di Bukittinggi, dia selalu diundang.

Jenjang pendidikan formal yang ditempuhnya adalah : Sekolah Dsar Negeri 24 Bukittinggi 1973 (tamat) Sekolah Menengah Pertama (SMSumbar, 1990 (tamat. PN) 2 Panorama Bukittinggi, 1976 (tamat). Sekolah Menengah Atas (SMAN) 1 Landbbau, 1980 (tamat) Akademi Seni Karawitan Indonesia Padang Panjang, 1981 (tidak tamat) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Prov Sumbar, 1990 (tamat)

Sebelum terjun ke dunia politik menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN) pada bulan Mei 2018 (setelah menerima SK Pensiunan Usia Dini tmt 1 Mei 2018), Rudolf Satri Yong setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 1 Bukittinggi pada tahun 1980, melanjutkan pendidikan ke ASKI Padang Panjang untuk mengembangkan darah seni turunan keluarga Bapaknya ( Anas Yusuf, penyanyi Minang 1960 adalah adik dari Bapaknya). Prestasinya dibidang Seni adalah pada tahun 1972 sebagai Juara 1 Lomba Baca Pusisi (deklamasi sajak) tingkat SD se kota Bukittinggi, dan tahun 1976, salah satu finalis putra pada ajang pemilihan Bintang Radio Televisi tingkat Kota Bukittinggi. Disamping bidang vocal, dia juga menguasai alat music gitar, piano dan biola.

Namun peruntungan lebih membawanya menjadi Pegawai Negeri Sipil, dimana pada tanggal 1 November 1982 diangkat sebagai PNS di Departemen Perdagangan dan Koperasi RI dan ditempatkan untuk pertamakalinya sebagai Manager Koperasi Unit Desa (KUD) Balai Gurah Gadang Kabupaten Agam. Sebelum ditarik sebagai staf bidang keuangan di Kantor Departemen Koperasi Kabupaten Agam pada tahun 1992, beberapa Koperasi di Kabupaten Agam telah dibina dan dikembangkannya, antara lain KUD Koto Tuo, KUD VI Koto, dan selama 10 tahun pertama jadi PNS itu beberapa kali Diklat tekhnis Koperasi baik Tingkat Provinsi Sumbar maupun Tingkat Nasional diikutinya, terutama bidang Akuntansi. Disamping itu pada tahun 1984 dia mendaftarkan diri sebagai Mahasiswa FHUK UMSB dan tahun 1990 di Wisuda sebagai Sarjana Hukum Jurusan Keperdataan.

Setelah menikah pada bulan September 1992 dengan seorang gadis (lisda) berasal dari Jorong Parik Putuih Kab. Agam (dengan satu orang anak Gita Ramadhani 30-11-2000) dan seiring dengan kepindahan ibukota Kabupaten Agam ke Lubuk Basung, tahun 1993 dia pindah tugas Ke Kandep Koperasi Kabupaten 50 Kota di Payakumbuh. Tahun 1996 dipromosi sebagai pejabat Kasubsi di Kandep Koperasi dan PPK Kota Bukittinggi, dan setahun kemudian dia dipromosikan sebagai Pejabat Kepala Seksi di Kandep Koperasi dan PPK Kota Sawahlunto. Tahun 1998 dengan jabatan yang sama dia pindah tugas ke Kandep Koperasi dan PPK Kota Payakumbuh.

Seiring dengan diberlakukannya UU Otonomi daerah, pada tahun 2000 dia mengundurkan diri dari jabatan Kepala Seksi Koperasi di Kantor Departemen Koperasi dan PPK Kota Payakumbuh, dan pindah sebagai staf di Pemko Bukittinggi.

Setelah era otonomi daerah tahun 2000, di lingkungan Pemda Bukittinggi, beberapa jabatan struktural telah didudukinya, antara lain :

Kepala Seksi Jaringan Usaha Koperasi ( 2001 – 2008)
Kepala Bidang Koperasi dan UKM (2008-2011)
Sekretaris Dinas Koperindag ( 2011- 2012)
Kabag Perekonomian Setdako Bukittinggi (2012-2014)
Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (2014-2015)
Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi (2015-2016)
Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (2016 – April 2018)
1 Mei 2018 berhenti sebagai ASN atas permintaan sendiri dengan Hak Pensiun

MENUJU PARLEMEN

Perjalanan karirnya selama 35 tahun 6 bulan sebagai PNS dengan berbagai jabatan yang pernah diembannya membuat dia mengambil keputusan untuk berhenti menjadi ASN dengan Hak Pensiun ( Penisun Usia Dini) dan terjun kedunia politik dengan mendaftarkan sebagai Kader PAN Kota Bukittinggi untuk Calon Anggota DPRD Kota Bukittinggi dengan Nomor Urut 8 dengan Derah Pemilihan (DAPIL) Bukittinggi 3 (Kecamatan Guguk Panjang).

Dengan visi “ Bahwa kesejahteraan memang bukan hadiah, tapi seluruh rakyat berhak memiliknya” maka Misi yang diusungnya adalah “ Mengujudkan Ekonomi Kerakyatan Berdaulat “ Dan dengan gelar adat Datuak Panduko Mantari yang dikukuhkan anak kemenkannya pada tahun 1997, maka salah satu misi yang dibawanya di parlemen nanti adalah ADAT BASANDI SYARAk, SYARAK BERSANDI KITABULLAH berdaulat secara politik dan hukum dengan terujudnya PERRATURAN DAERAH TENTANG NAGARI di Bukittinggi.

KOMPETENSI

PNS (ASN) 1 November 1982 – 1 Mei 2018 ( dengan berbagai jabatan dan pengalaman kerja terutama bidang perekonomian)
Dewan Pengawas PDAM Tirta Jam Gadang ( 2014 – 2016)
Anggota Majelis Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bukittinggi (2012-2017)
Staf Auditor pada Kantor Akuntan Publik Armanda & Enita dan KAP Hasnil dan Rekan (freelance)
Pengurus (Bendahara ) KPRI Andika Bukittinggi dan Ketua Pengawas KPRI Saayun Salangkah Kota Bukittinggi (sampai sekarang)
Salah seorang pendiri Koperasi Masjid Baiturrahman, Parik Putuih – Kecamatan Ampek Angkek – Kabupaten Agam.
Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Agam (2004 – 2012)
Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Kota Bukittinggi, sejak dipilih pertamakali tahun 2004, dan setelah beberapa kali periode pemilihan, dan yang terakhir periode 2015 – 2020
Penyusun Program Aplikasi Akuntansi Koperasi berbasis computer yang dimanfaatkan di beberapa Koperasi sampai sekarang.
Instruktur pada Diklat Tekhnis Koperasi

Catatan: Profil ini ditulis oleh Tim RUDOLF SATRI, SH
CALON ANGGOTA LEGISLATIF DARI PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) KOTA BUKITTINGGI -PROV, SUMATERA BARAT

Comments

comments

Loading...
loading...