Jusuf Kalla akan Fasilitasi Ceramah Ustad Abdul Somad di Masjid

Ustad Abdul Somad akan difasilitasi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk berceramah di masjid-masjid. “Kami akan memberikan fasilitas. Kalau dia ceramah di masjid, silakan. Bagus. Tidak ada masalah,” ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, (4/9/2018)

Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia memastikan tidak ada satu pun masjid yang menolak kehadiran Abdul Somad. “Tidak pernah ada masjid yang menolaknya,” ujarnya.

Jusuf Kalla pun mengaku prihatin terhadap intimidasi dan ancaman yang diterima Abdul Somad. Padahal, kata Wakil Presiden Jusuf Kalla, Abdul Somad merupakan penceramah yang lucu dan memiliki banyak referensi. Bahkan, JK mengaku kerap tertawa jika mendengar isi ceramah Abdul Somad.

Ia pun memuji sosok Abdul Somad sebagai pendakwah yang luar biasa. “Saya kira dia ustad yang paling banyak punya referensi. Artinya kalau berbuat begini, langsung hadistnya dia tahu, ayatnya dia tahu, atau pun sejarah juga tahu. Luar biasa dia ustad,” ujarnya.

Dalam akun Instagramnya, Abdul Somad mengunggah keterangan tertulis yang berisi bahwa ia membatalkan acara dakwahnya di beberapa kota di Pulau Jawa. Berdasarkan keterangan itu, Ustad Somad menyebut kata ancaman dan intimidasi terkait rencana kedatangannya itu.

Seementara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun memberikan pernyataan sikap terkait ancaman terhadap penceramah. “Tak boleh ada penghadangan, intimidasi, dan gangguan lainnya yang mengancam keamanan dan keselamatan jiwa bagi para penceramah agama,” kata Lukman, Selasa, (4/9/2018)

Intimidasi, kata Lukman, tidak boleh dilakukan terhadap para pendakwah sejauh ceramah yang disampaikannya itu mendidik, mencerahkan, dan memperluas wawasan keagamaan. “Serta mengokohkan rasa dan ikatan persaudaraan dan persatuan sesama anak bangsa,” kata dia.

BACA JUGA

Comments

comments

BACA JUGA:  Hakim Sebut Aspri Menpora Buat Kesepakatan Dengan KONI
Loading...
loading...