Desri Ayunda, Kini Mantapkan Langkah Menuju Parlemen

BAGIKAN
Desri Ayunda, pria kelahiran Padang 1961 ini, adalah Sarjana Ekonomi yang dikenal luas di Padang. Jika Anda melewati Asia Biskuit di dekat rel kereta api Tabing di situlah rumah orang tuanya.
Loading...

Nak rang Koto Tangah dari kaum suku Guci ini, tamat Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Semasa remaja ia habiskan waktu di sekolahnya SMA 2 Padang. Di sekolah itu Desri aktif berorganisasi. Setamat kuliah, ia bekerja di PT. Semen Padang hingga menduduki posisi Sekretaris Perusahaan, sebuah posisi strategis. Ia berkarir sejak dari bawah hingga kemudian dipercaya menjadi Direktur Utama dan Komisaris Utama sejumlah anak perusahaan di lingkungan perusahaan semen tertua di Asia Tenggara itu.

Karena ingin terus belajar, ayah 3 anak ini, mengambil S2 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebelumnya thn 2001 ia pun pernah ikut Lemhanas. Tak banyak yang bisa masuk kancah Lemnahas ini, Desri bisa.

Ia dididik orang tuanya dengan ilmu rumah tangga yang hebat. Ibunya belajar dari banyak orang dan keluarga bagaimana mendidik anak, makanya Desri adik beradik semua jadi orang. Salah satu contoh pendidikan rumah tangga ibu-ibu Minangkabau.

Di Semen Padang, Desri punya banyak ide karena itu ia selalu terpakai. Masih ingat perjuangan Spin Off PT Semen Padang dari PT. Semen Gresik? Desri adalah salah satu tokoh pemikirnya. Jika saja tak ada gerakan itu maka nama PT Semen Padang, PT. Semen Gresik dan PT. Semen Tonasa dipastikan lenyap diganti Cemex Cement, milik Meksiko. Karena kegigihan Desri itulah kemudian Cemex pergi. Setelah pergi muncullah Semen Indonesia sebagai holding.

Kedudukan tiga pabrik semen itu sudah setara persis tuntutan Desri dulu. Lantas apakah Desri menuntut jasa? Tidak. Ia melihat Semen Padang kian maju hebat dan gagah. Ia sudah puas melihat 3 pabrik semen BUMN itu bisa jadi stabilisator harga semen di Tanah Air.

Di Semen Padang, diam-diam ia diminta mengabdi untuk menyehatkan anak perusahaan. Ia diangkat jadi Direktur Utama untuk tiga anak perusahaan dalam waktu yang berbeda. Sehat satu pindah ke yang lain. Ketiganya PT. Sepatim Batamtama, Batam dan PT. Bima Sepaja Abadi (BSA) Jakarta dan PT. Igasar.

Di lingkungan masyarakat Kota Padang, ia dikenal yang punya pergaulan luas dan terpakai di banyak organisasi. Organisasi kepemudaan, olahraga dan Kadin. Karena ia lama jadi Humas PT Semen Padang maka tak heran kertas kerjanya selain persoalan ekonomi juga komunikasi. Semua ia bawakan dalam berbagai seminar di Indonesia.

Desri juga menulis buku bersama konconya. Ia pintar menyanyi, sesuatu yang disukai banyak orang.

Desri dikenal luas di kalangan pejabat budayawan, pers, tokoh adat dan ulama. Jika kini ia akan maju dalam Pemilihan Anggota Legislatif untuk DPRD Provinsi Sumatera Barat, adalah hal yang sangat tepat. Desri Ayunda kini bersama Partai Golkar menyuarakan aspirasi rakyat di Dapil 1 Sumbar yang meliputi daerah pemilihan Kota Padang.

Sebagai asli Minang dan orang Padang, Desri memang memiliki tanggungjawab mengabdi untuk kota dimana ia lahir dan dibesarkan. Lalu bagaimana karir dan keterlibatkan Desri dalam organisasi? Bisa dilacak dalam curiculum vitaenya. Yang pasti sejak sekolah hingga jadi bapak orang, Desri tak pernah menyusahkan orang. Ia senantiasa memikirkan orang banyak.

Comments

comments

loading...
loading...