Ma’ruf Amin Akan Terkosentrasi Meraup Suara di Sumatera

BAGIKAN
Kekalahan Jokowi pada beberapa wilayah di pulau Sumatera pada Pemilihan Presiden 2014 yang lalu. Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) akan menggiring calon wakil presiden Ma’ruf Amin untuk fokus meraup suara di Pulau Sumatera.
Loading...

“Di provinsi yang menurut survei, Pak Jokowi kurang memuaskan karena dikaitkan dengan isu keagamaan, Kiai Ma’ruf yang akan berperan banyak di sana, seperti di Sumatera,” ujar Arsul Sani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) di Posko Cemara, Jakarta, Jumat, (14/9/2018).

Ma’ruf Amin menurut Asrul, akan berbagi segmen pemilih dengan calon presiden Joko Widodo atau Jokowi.”Contohnya, Pak Jokowi akan lebih mendekati pemilih milenial. Namun, bukan berarti Kiai Maruf nanti tidak menyapa sama sekali para milenial perkotaan. Intinya berbagi lah,” kata Arsul.

Mengamati rekapitulasi data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada pemilihan presiden 2014 lalu, pada saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla di beberapa provinsi di Pulau Sumatera memang kalah dari pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Terutama di Provinsi Aceh dan Sumatera Barat, Jokowi kalah telak.

Di Provinsi Aceh, Jokowi kalah dari Prabowo dengan perolehan 45,61 persen berbanding 54,93 persen. Di Sumatera Barat, Jokowi kalah jauh dengan perolehan 23,08 persen sementara lawannya 76,92 persen. Di Riau, Prabowo unggul tipis dengan perolehan suara 50,12 persen berbanding 49,88 persen.

Sementara di Sumatera Selatan, Prabowo unggul 51,26 persen berbanding 48,74 persen.
Sebelumnya, Ma’ruf Amin mengatakan, dirinya memang akan gencar bersafari meminta dukungan ke sejumlah ormas, juga ke berbagai daerah. “Sedang kami jadwalkan ulang, saya mau kunjungan ke Jawa Barat, ke Sumatera juga,” ujar Ma’ruf.

Comments

comments

Loading...
loading...