Pembunuhan Suporter The Jakmania Dikutuk oleh Gede Widiade

BAGIKAN
Pembunuhan Haringga Sirila oleh sekumpulan massa yang diduga pendukung Persib Bandung dikutuk oleh Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade. Gede mengatakan Haringga Sirila merupakan anggota The Jakmania, suporter setia klubnya.
Loading...

Haringga tewas dibunuh secara sadis oleh pelaku yang menggunakan balok kayu, helm, dan benda keras lainnya di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat, Minggu (23/9/2018), sebelum pertandingan antara Persib dengan Persija dimulai.

Gede pun kemudian membandingkan keadaan pada saat timnya menjamu Persib di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Juli lalu. Pada saat itu, ada seorang pendukung Persib, Viking, yang ketahuan memasuki tribun penonton. Gede pun menyuruh Pengurus Pusat (PP) The Jakmania untuk mengamankan dan dipulangkan ke Bandung.

“Pada waktu Persib ke Jakarta, kami mencoba menahan, memperbaiki hubungan yang selama ini kurang bagus. Pada waktu ada teman-teman suporter dari Bandung datang ke Jakarta, tertangkap sama anak The Jakmania, diselamatkan oleh pengurus (The Jakmania), untuk diurus dan dikembalikan ke Bandung tanpa korban,” ujar Gede, Minggu (23/9/2018).

Apalagi ketika itu, sudah ada imbauan dari Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat untuk melarang Bobotoh datang ke Jakarta. “Satu orang juga, sedangkan imbauan dari Polda (Jawa Barat) juga sudah ada. Imbauan dari Polda (Metro Jaya) juga ada, untuk rekan-rekan dari Jawa Barat, supaya tidak hadir, waktu itu tertangkap sama kami, tidak kami apa-apakan. Ini mohon ini. Tolong dibantu supaya tidak ada korban lagi,” ujar Gede.

“Kan sama saja membiarkan korban terjadi. Saya sama Bung Ferry (Ketua Umum The Jakmania) sudah mati-matian mengubah attitude The Jakmania. Kalaupun ada orang yang mengatakan, kan sudah dilarang, tapi tetap datang, tapi waktu Viking datang ke Jakarta, ada imbauan dari Kapolda kami, tetapi kami tetap tidak melakukan tindakan seperti ini,” ungkap Gede.

Gede meminta kepolisian untuk menghukum pelaku yang membunuh Haringga dengan hukuman yang seberat-beratnya. “Apakah karena hal tersebut orang harus dibunuh, diizinkan? Ini negara hukum. Aparat harus menyelesaikan secara tuntas sampai ke akar-akarnya. Supaya tidak terjadi lagi,” pungkas Gede.

Comments

comments

Loading...
Tonton Melalui Android Klik Di Sini
loading...