Garuda Asia Mempertahankan Rekor Tak Terkalahkan di Ajang Piala Asia U-16

BAGIKAN
Timnas ‘Garuda Asia’ Indonesia sukses menjaga rekor tak terkalahkan di ajang Piala Asia (AFC) U-16 2018 setelah menahan Vietnam 1-1 dalam lanjutan babak penyisihan Grup C di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (24/9/2018) malam WIB. Hasil itu membuat posisi Indonesia sebagai pimpinan Grup C tidak tergoyahkan.
Loading...

Dengan hasil itu, Indonesia hanya butuh hasil imbang pada laga selanjutnya untuk memastikan tempat ke babak perempatfinal. Selanjutnya, Garuda Asia akan bertemu India pada laga pamungkas babak penyisihan Grup C yang akan digelar, Kamis (27/9/2018) pukul 19.45 WIB.

Saat ini, Indonesia tetap memimpin Grup C dengan empat poin dari dua laga. Skuat Fachri Husaini itu unggul produktivitas gol dari India di posisi kedua setelah bermain imbang tanpa gol kontra Iran pada laga sebelumnya di hari yang sama.

Dalam laga kedua penyisihan Grup C Piala Asia U-16 ini, Timnas Indonesia U-16 kembali tampil dengan formasi 4-3-3. Hampir tidak ada perbedaan dengan laga sebelumnya, ketika Garuda Asia mengalahkan Iran, kecuali dimainkannya Muhammad Salman menggantikan Muchammad Supriadi yang absen akibat cedera.

Membawa misi mendekatkan diri menuju perempat final, skuat asuhan Fachri Husaini langsung tampil menekan pada awal-awal babak pertama. Peluang pertama pun didapat pada menit ketujuh. Bagus Kahfi menyambut umpan tendangan bebas Muhammad Salman. Namun bola sundulannya masih menyamping dari sasaran.

Pada menit ke-14 Pasukan Merah Putih kembali memperoleh peluang. Kali ini melalui David Maulana yang berhasil melewati dua pemain lawan. Sayang tendangan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil dimentahkan kiper Nguyen Duy Dung.

Selanjutnya, permainan keras diperagakan para pemain Vietnam. Wasit pun mengeluarkan kartu kuning untuk gelandang Ngo Duc Hoang usai menekel Bagas Kaffa pada menit ke-20. Empat menit berselang, giliran Bagus Kahfi terkapar dan mendapat perawatan akibat sebuah tekel. Untungnya, ia tak mengalami cedera serius dan dapat kembali melanjutkan pertandingan.

Tidak hanya bermain keras, Vietnam kemudian meningkatkan tekanannya ke barisan pertahanan Indonesia. Muhammad Salman pun terpancing hingga terpaksa menekel keras pemain lawan di sudut luar kotak penalti.

Meski tampak sulit, peluang dari bola mati pada menit ke-30 ini mampu dimaksimalkan oleh Van Khang. Tendangan bebasnya berhasil melewati pagar hidup, kemudian meluncur keras dan mengarah ke pojok atas kiri gawang hingga tak mampu dihadang Ernando Ari. Skor 0-1 untuk Vietnam.

Tertinggal 0-1, pelatih Fakhri lalu mengubah strategi. Salman yang baru saja menerima kartu kuning ditarik keluar dan digantikan oleh gelandang serang Hamsa Lestaluhu. Ia diminta saling bertukar peran dengan Yudha yang sebelumnya berposisi di antara Bagus dan Amanar. Namun rotasi ini belum membuahkan hasil. Hingga jeda skor masih tetap 0-1 untuk keunggulan Vietnam.

Babak kedua berjalan, pelatih Fachri kembali merotasi pemain dengan memasukkan Sutan Zico menggantikan Amanar Abdillah. Keputusan ini membuahkan hasil positif. Pada menit ke-50, Zico mencatatkan namanya di papan skor dan menyamakan kedudukan. Pemain bernomor punggung 9 itu berhasil menceploskan bola ke dalam gawang Vietnam usai menyambut umpan datar dari Bagus.

Setelah skor sama kuat 1-1 pertandingan berlangsung semakin menarik. Hamsa kembali berpeluang mencetak gol untuk Indonesia pada menit ke-79. Namun, penyelesaian akhirnya bisa diantisipasi dengan mudah oleh kiper Nguyen Duy Dung.

Vietnam pun memiliki dua peluang emas untuk mencetak gol. Pada menit ke-82, tendangan Dau Ngoc Thanh masih membentur tiang gawang sisi kanan dan bisa ditangkap kiper Ernando Ari. Satu menit kemudian Ernando memblok tendangan Ha Trung Hau.

Menjelang berakhirnya babak kedua, pelatih Fachri memasukkan Supriadi menggantikan Hamsa. Namun, meski kembali memperoleh peluang, tetap tidak ada gol lagi yang tercipta. Wasit meniup peluit panjang, skor akhir 1-1.

Pada partai lainnya di Grup B, Yordania ditahan Oman 2-2 dan Yaman takluk 0-1 dari Korea Utara.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-16: Ernando Ari; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadhillah Nur, Komang Teguh, Muhammad Salman (Hamsa Lestaluhu ’33/ Mochammad Supriadi ’40); Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, David Maulana; Amanar Abdillah (Sutan Zico ’46), Yudha Febrian, Bagus Kahfi.

Vietnam U-16: Nguyen Duy Dung; Vo Quoc Dan, Tuan Dong, Vu Tien Long, Nguyen Van Tu, Trinh Quang Trong; Ngo Duc Hoang, Kuat Van Khang, Nguyen Quoc Hoang, Ngo Thanh Tai; Ha Trung Hau.

Comments

comments

Loading...
Tonton Melalui Android Klik Di Sini
loading...