Bandar Narkoba Ditangkap Ditresnarkoba Polda Sumbar Dibeberapa Lokasi

BAGIKAN
Menyamar sebagai pembeli ganja seorang polisi dari Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap peredaran ganja dalam jumlah besar di Kota Padang. Sebanyak 14 kilogram ganja siap edar berhasil diamankan petugas dari dua pelaku.
Loading...

N (31) dan AFK (38) kini sudah ditahan di Mapolda Sumbar sebagai tersangka pengedar ganja. Keduanya diancam penyidik dengan pasal 114 ayat (2) sub pasal 111 ayat (2) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara di atas 5 tahun.

Kombes Pol Kumbul KS selaku Direktur Dirresnarkoba Polda Sumbar mengungkapkan mengatakan, kedua pelaku di tangkap di lokasi berbeda. N ditangkap pada Rabu (26/9/2018) sekitar pukul 14.40 WIB di rumahnya di Jalan Pendidikan, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, Padang Pariaman.

Petugas berhasil mengamankan barang bukti ganja kering siap untuk diedarkan sebanyak tiga paket besar dari tangan tersangka yang selama ini dikenal sebagai pedagang buah. “Berat masing-masing paket ganja diketahui seberat 1 koligram,” ujar Kumbul di Mapolda Sumbar, Senin (1/10/2018).

Tersangka bersama barang bukti langsung dibawa ke Mapolda Sumbar untuk diperiksa, kemudian tersangka N mengaku bahwa ganja itu didapat dari temannya berinisial AFK yang bekerja sebagai pembudidaya ikan hias (cupang) di Kota Padang.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari N, lalu petugas melakukan penyamaran dan mengajak AFK untuk melakukan transaksi ganja. AFK setuju dan meminta untuk melakukan taransaksi pada, Jumat (28/9/2018) sekitar pukul 14.20 WIB, di Jalan Banda Bakali Ujung Tanah, Kelurahan Lubuk Begalung, Kecamagan Lubuk Begalung.

Ketika transaksi sedang berlangsung dan AFK memperlihatkan paket ganja yang akan dijualnya, polisi langsung menangkap AFK dengan dibantu oleh petugas yang mengintai transaksi tersebut dari jarak yang tak jauh dari lokasi transaksi. Setelah ditangkap, AFK lalu digiring ke rumahnya.

“Di rumah tersebut polisi kemudian melakukan penggeledahan dan ditemukan sejumlah paket ganja lainnya. Total paket ganja yang diamankan dari tangan AFK berjumlah 11 paket. Berat masing-masibg paket juga 1 kilogram. Jadi, total berat ganja yang diamankan dari tangan N dan AFK berjumlah 14 kilogram,” ujarnya.

Selain menangkap AFK, dihari yang sama yaitu sekitar pukul 22.30 WIB, Kumbul juga menyebut bahwa pihaknya juga meringkus pengedar sabu berinsial A di salah satu rumah kos di kawasan Jati Baru, Padang Timur, Kota Padang. Dari tangan A, petugas menyita barang bukti 20 gram sabu yang terdiri dari paket kecil dan paket sedang.

“Dari pengembangan terhadap A, petugas kemudian menangkap inisial O di Jalan Pemuda, Kota Padang, pada Sabtu (29/9/2018) sekitar pukul 02.50 WIB. Dari tangan O, petugas juga berhasil menyita paket sabu seberat 40 gram. Kini kasus sabu, termasuk ganja, masih dikembangkan, karena masih ada jaringan dari kedua kasus tersebut yang belum ditangkap,” ujar Kumbul.

Comments

comments

Loading...
loading...