Khabib Nurmagomedov: McGregor telah menghina agama dan negaraku

Khabib Nurmagomedov, pria muslim kelahiran Rusia itu kini menjadi buah bibir setelah sukses menumbangkan Conor McGregor di pertarungan UFC, Minggu, (6/10/2018). Namun, kemenangan itu harus ternoda setelah Khabib terlibat kericuhan dan baku hantam dengan teman satu tim si mulut besar Conor McGregor.

Sebelumnya, Conor McGregor dipaksa menyerah oleh cekikan kuncian Khabib Murmagomedov. McGregor memang sudah terlihat kewalahan sejak awal pertarungan sampai akhirnya McGregor dihajar oleh Nurmagomedov di lantai arena.

Serangan pamungkas ‘The Eagle’ diluncurkan dengan melakukan kuncian cekikan pada McGregor. Cekikan dari Khabib Nurmagomedov itu memaksa McGregor melakukan tapout beberapa kali tanda menyerah. Khabib Nurmagomedov pun dinyatakan sebagai pemenang.

Namun setelah kemenangan itu, Nurmagomedov langsung berlari melompati pagar keluar arena dan melakukan serangan. Hal tersebut memancing rekan tim lain dari pegulat dengan julukan ‘The Notorius’ tersebut. Rekan-rekan McGregor ikut menyerang Nurmagomedov.

Kericuhan di luar arena itu semakin menjadi-jadi setelah rekan setim Nurmagomedov masuk arena dan menyerang McGregor yang sedang pemulihan pasca kalah tanding. Aksi saling serang antar tim pun terjadi dan seketika suasana di T-Mobile Arena menjadi tak terkendali. Beberapa polisi pun akhirnya dilibatkan karena kericuhan sulit dilerai.

Setelah kericuhan mereda dan kedua kubu lebih tenang, konferensi pers pun dilakukan. Petarung asal Rusia dan petarung asal Irlandia itu pun memberikan keterangan di hadapan media. Dilansir dari Complex, Khabib Nurmagomedov meminta maaf karena telah memancing keributan di pertandingan UFC 229.

Namun ia merasa bahwa ia memiliki alasan yang kuat untuk melakukan hal tersebut. Khabib Nurmagmedov menyampaikan bahwa dirinya yang melompati pagar tak sebanding dengan apa yang dilakukan McGregor sebelumnya.

“Ini memang bukan sisi terbaikku,” tuturnya dalam konferensi pers setelah tanding.

Ia lalu menunjuk ke arah McGregor sambil berkata, “Dia telah menghina agamaku, menghinaku negaraku, menghina ayahku.”

Nurmagomedov pun menuturkan kebrutalan yang dilakukan McGregor sebelum hari pertandingan digelar. “Dia datang ke Brooklyn dan menghancurkan bus, hampir membunuh beberapa orang. Mengapa orang-orang masih bicara soal aku yang melompat pagar? aku sudah mencoba menghargai.”

Sebelumnya McGregor memang terekam kamera melakukan tindakan yang membahayakan. Ia melempar kursi dan beberapa benda lain ke arah bus tim Nurmagomedov yang baru saja tiba. Aksi McGregor itu membuat kaca bus pecah dan melukai beberapa orang.

Khabib mengaku menyesal telah membiarkan amarahnya menguasai dirinya dan melakukan hal yang memancing keributan. Namun tim McGregor membuat kesalahan besar dengan melakukan provokasi terhadap tim Nurmagomedov.

Tiga orang dari tim Nurmagomedov yang masuk arena dan menyerang McGregor pun terancam hukuman penjara. Namun hal tersebut batal terjadi setelah McGregor menolak untuk mengasuskan hal tersebut.

Atas tindakan Nurmagomedov, UFC pun akan mengambil tindakan tegas atas yang diperbuat oleh petarung asal Rusia ini. Presiden UFC, Dana White, menilai apa yang dilakukan oleh Nurmagomedov adalah hal yang konyol sekali. Petarung berusia 30 tahun itu akan mendapatkan hukuman yang cukup berat.

“Bakal ada skorsing untuk Khabib, dia juga akan kesulitan mendapatkan VISA untuk kembali menginjakkan kakinya di negeri ini (Amerika Serikat), denda yang besar, yang jelas ia akan menerima hukuman yang berat” kata Dana kepada ESPN.

“Saat itu rekan-rekan Conor (McGregor) tampak mengatakan beberapa hal, dan aksi Khabib yang membalasnya (dengan pukulan) adalah hal yang sangat konyol,” sambungnya.

Dana menilai seharusnya Nurmagomedov bisa menahan emosinya dan menikmati kemenangannya. Akan tetapi, dirinya malah berbuat kerusuhan dan cukup mencoreng namanya sendiri serta UFC.

” Coba bayangkan anda baru saja memenangkan pertandingan yang seru dan brilian, anda segera menerima gelar yang sudah menjadi hak anda karena tampil begitu baik, namun anda memilih untuk keluar (oktagon) dan memulai tawuran dengan rekan-rekan Conor adalah hal yang begitu buruk,” ujarnya.

“Akan ada investigasi seusai ini, dan Khabib harus siap menerima masalah yang begitu besar karena hal ni” tuntas Dana.

Comments

comments

Loading...
loading...