Indonesia Berada di Puncak Klasemen Sementara Piala AFC U-19

Indonesia berhasil unggul di laga perdana Group A Piala Asia U-19 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (18/10/2018). Egy Maulana Fikri cs berhasil mengalahkan Taiwan (Chinese Taipei) dengan skor 3-1.

Timnas U-10 tampil dengan formasi 4-2-3-1 dan mendominasi sejak menit awal pertandingan. Peluang pertama diciptakan Asnawi, namun tendangan kerasnya melenceng ke samping gawang taiwan.

20 menit pertandingan berjalan, tusukan para pemain Indonesia seperti Asnawi dan Saddil gagal mengoyak pertahanan lawan bahkan para pemain Indonesia terjebak offside lebih dari 3 kali.

Pada menit ke 33 Egy mendapatkan peluang emas dengan meliuk-liuk di jantung pertahanan lawan, bahkan mampu memperdaya dua pemain Taiwan. Namun, umpan yang diberikan Egy gagal membuahkan gol, karena para pemain bertahan Taiwan cukup cekatan memotong umpan.

Di menit ke 43, Egy Maulana kembali mendapat peluang setelah Saddil memberi umpan cukup terarah kepada Egy, namun Egy yang sudah berdiri bebas gagal memanfaatkan umpan tersebut.

Timnas U-19 Indonesia yang tampak kesulitan membongkar pertahanan Taiwan mulai melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, Namun karena tidak akuratnya tendangan tersebut sehingga tidak merubah keadaan.

Sementara Taiwan hanya sesekali melancarkan serangan balik, namun tidak satupun serangan itu mampu membahayakan gawang Indonesia yang dijaga oleh M Riyandi. Babak pertama antara Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan berakhir tampa gol.

Di awal babak kedua pada menit ke 47 Egy mengancam jantung pertahanan Taiwan, namun tendangannya masih mampu ditepis oleh kiper Taiwan. Namun pada menit ke 50 akhirnya kebuntuan itu pecah. Egy berhasil melesatkan tendangan keras sehingga kiper Taiwan, Li Guan-pei tak mampu menghalau bola. Skor berubah menjadi 1-0.

Akan tetapi hanya berselang dua menit, pemain Taiwan, Whang Chung-yu berhasil menyamakan kedudukan karena pemain bertahan Indonesia gagal memotong umpan dan langsung dimanfaatkan Whang Chung-yu. Gawang yang dikawal Muhammad Riyandi pun kebobolan.

Peluang Indonesia kembali tercipta pada menit ke 64. Witan yang menerima umpan dari Saddil Ramdani mencoba melakukan gerak tipu dan melesatkan tendangan keras dari dalam kotak penalti namun peluang tersebut gagal merubah kedudukan.

Pada menit 68, Witan kembali berhasil memperdaya pemain bertahan Taiwan dan tinggal berhadapan dengan kiper, namun tendangannya dengan mudah ditangkap oleh Li Guan-pei. Akhirnya, Witan berhasil juga membobol gawang Taiwan pada menit 71. Gol tercipta melalui skema tendangan bebas.

Egy yang menjadi eksekutor melesatkan tendangan terarah ke gawang Taiwan namun berhasil ditepis Li Guan-pei. Akan tetapi, bola tepisannya langsung disambar Witan melalui sundulan terarah dan mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Timnas U-19 Indonesia.

Pada menit ke 89, Timnas U-19 Indonesia berhasil menambah keunggulan. Egy Maulana Vikri kembali berperan dalam proses gol tersebut. Egy berhasil memperdaya kiper Taiwan dan langsung memberikan umpan kepada Witan. Kesempatan emas itupun langsung dimanfaatkan Witan dengan melakukan tendangan keras terarah sehingga mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Skor 3-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Atas kemenangan itu, Timnas Indonesia memuncaki grup A piala Asia U-19 2018.

Comments

comments

Loading...
loading...