Bupati Rokan Hulu Riau Mengelak Telah Memberikan Dukungan kepada Jokowi

11 kepala daerah termasuk Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan wakilnya Brigjen (Purn) Edy Natar Nasution dipanggil Bawaslu Riau, terkait dengan deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin. Namun, hanya Bupati Rokan Hulu Sukiman yang hadir memenuhi panggilan yang sudah dijadwalkan tersebut.

Sukiman membantah telah memberikan dukungan kepada calon presiden nomor urut 01 Joko widodo-Ma’ruf Amin, pada acara deklarasi Rabu (10/10/2018) di Hotel Arya Duta. Bupati Rokan Hulu ini mengaku tidak hadir saat deklarasi itu, dan tidak menitipkan dukungan.

Sukiman memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau, Jumat (19/10/2018). Dia mengatakan pada saat deklarasi digelar Projo itu dia sedang berada di Jakarta.”Tidak ada dukung mendukung. Kok menanyakan dukungan? Saat deklarasi saya di Jakarta,” ujar politisi Partai Gerindra itu usai memberikan keterangan ke Bawaslu.

Lebih kurang dua jam Sukiman dimintai keterangan oleh Bawaslu dengan 25 pertanyaan. Ketua DPC Gerindra Kabupaten Rokan Hulu ini mengaku hanya taat aturan untuk datang memenuhi panggilan Bawaslu dan menyerahkan sepenuhnya proses pemeriksaan kepada Bawaslu Riau.

“Bagaimana hasilnya tanya saja Bawaslu. Yang jelas kita mentaati aturan, kita dipanggil datang tepat waktu, jam 09.30 WIB,” ujar Sukiman.

Sekalipun tanda tangan dukungannya dalam surat pernyataan yang dibuat bersama para bupati dan wali kota se Provinsi Riau beredar, namun Sukiman mengelak telah memberikan dukungan kepada Jokowi.

“Kalau surat itu beredar, siapa yang membuat beredar,” tanya Sukiman.

Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan mengatakan baru satu kepala daerah yang datang memenuhi panggilan mereka terkait dukungan terhadap Jokowi. Rusidi telah menyurati kepala daerah lainnya, namun belum tampak hadir.

Hasil pemeriksaan terhadap Sukiman belum bisa disimpulkan oleh Bawaslu. Rusidi mengatakan menunggu proses. Namun Rusidi mengatakan, pertanyaan yang diajukan kepada Sukiman seputar dukungan terhadap Jokowi-Ma’aruf di Pilpres 2019.

Comments

comments

Loading...
loading...