Titiek Soeharto: Sudah Saatnya Indonesia Kembali Seperti Masa Pemerintahan Soeharto

Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto menyebut di masa Orde Baru semua harga sandang pangan papan terjangkau oleh masyarakat, untuk itu sudah saatnya Indonesia kembali seperti masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Hal itu dinyatakan Titiek di akun Twitternya, Namun pernyataan itu dinilai oleh Direktur Eksekutif Lokataru, Haris Azhar, apabila ada politisi yang menginginkan agar Indonesia kembali ke era Orde Baru, politisi tersebut sedang sakit.

“Kalau ada yang mau balik ke zaman Soeharto, atau mau mempraktikkan otoritarianisme gaya baru, menurut saya memang pedagang politik di Indonesia sedang sakit,” ujar Haris.

Menurut mantan Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) ini, era Soeharto sudah tak mungkin lagi bisa kembali. Ungkapan Titiek itu dinilai oleh Haris hanya romantisme belaka.”Tapi, bahwa otoritarianisme bisa selalu terjadi,” katanya.

Haris mengingatkan publik, soal kemungkinan adanya deal politik di koalisi capres soal pencabutan TAP MPR XI Tahun 1998. Sekalipun sejauh ini dia menilai belum ada urgensinya buat mencabut TAP MPR tersebut.

BACA JUGA: Prabowo Sebut 55 Persen Warga Indonesia Buta Huruf

Lebih lanjut Haris menilai di musim politik seperti sekarang ini, banyak politisi yang berbicara ngawur. Dia pun menilai pernyataan Titiek tersebut adalah pernyataan yang ngawur.

“Hari begini banyak orang bicara ngawur, termasuk si Titiek Soeharto itu. Bicara tapi tidak pernah berimajinasi soal praktik dan dampaknya. Cuma modal duit dan channel aja komentar soal hukum,” ujarnya.

BACA JUGA:  Setelah PKS Kini PKB Dukung Gibran Maju Pada Pilkada Solo 2020

Sebelumnya, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya, sekaligus putri Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hediati Haryadi alias Titiek Soeharto sering berkampanye dengan menjual kejayaan orde baru. Titiek sampai menyatakan era Soeharto lebih baik daripada pemerintahan saat ini.

BACA JUGA: Persepsi Masyarakat Terhadap Jokowi di Sumbar dan Aceh Masih Buruk

Namun, Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan wajar jika Titiek menilai orde baru lebih baik. Sebab zaman itu keluarga Soeharto dimanjakan dan dimudahkan untuk menggarap proyek.

“Kalau mbak Titiek enak zaman Pak Harto memang enak sekali. Mau dapat proyek, mau dapat ribuan hektar tinggal kavling,” kata Hasto di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat, Rabu (21/11/2018).

Namun, kata Hasto, bagi masyarakat justru sebaliknya. Hasto mengungkit pembungkaman aktivis dan media yang memberi gambaran otoriternya pemerintahan orde baru. “Tapi tidak enak bagi rakyat, tidak enak bagi aktivitis, tidak enak bagi media,” pungkasnya.

BACA JUGA: SIAPA PRESIDEN PILIHAN ANDA ?

Comments

comments

Loading...
loading...