Sosok Syafwan Efendi Dimata Deri Asta

Sawahlunto – Syafwan Efendi atau akrab disapa Puan,  Direktur PT Cahaya Bumi Perdana (CBP) masuk daftar calon legislatif (caleg) DPRD Kota Sawahlunto, Daerah Pemilihan ( Dapil) 1 Talawi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Masuknya Puan dalam daftar caleg banyak diasumsikan orang  sebagai kader PAN pengganti kursi Walikota Deri Asta di DPRD Sawahlunto.

Nama Puan mungkin belum dikenal betul ditengah tengah warga kota Sawahlunto,  baik Puan sebagai kader parpol maupun Puan seorang pengusaha tambang.

Kiprahnya jarang diekspos di mass media  dalam kancah politik. Boleh disebut Puan  orang dibalik layar yang terus mengawal  karir politik Deri Asta.

”  Puan adalah tim tank-nya Deri Asta,” kata Fauzi Hasan

Ia pengusaha tambang yang setia mendukung karir politik Deri Asta. “Sehabis habis beras ditanak,”  begitu benar Puan mendukung Deri Asta bertarung di pentas politik pilkada tahun 2013 dan Pilkada tahun  2018.

” Dia memang luar biasa. Puan kalau menolong teman, mau habis habisan,” ujar Deri Asta dijumpai dikediaman dinasnya di Mudik Air, Sawahlunto, Sabtu (24/11)

Deri Asta memuji Puan sahabatnya itu  sebagai temannya yang setia kawan. Puan juga punya loyalitas dan pribadi menyenangkan.

Puan asli dari  Talawi. Ia lahir di Desa Tigo Tumpuk Kecamatan Talawi pada tanggal 10 Maret 1972. Ia menikah dengan  Wilmai Pedra dan dikarunia tiga orang anak, Wulan Sutri Maningsi, Yuda syafendre, Khaliqa Zanin Syafrindra

Deri Asta dan Puan sudah berkawan  sejak lama. Keduanya selalu seiya sekata, sejalan setujuan, baik dalam berbisnis maupun dalam sikap politik. Dalam duniausaha bisnis, keduanya sepakat  mendirikan perusahaan tambang dengan  PT Cahaya Bumi Perdana (CBP)

Puan dipercaya menjabat Direktur, sedangkan Nedi Asta dipercaya menjabat Direktur Utama dan jabatan komisaris dipegang Hasma Idris.

Deri Asta menjelaskan, kiprah Puan sejak pertama menjadi kader Partai PAN. Istri Puan, Walmi Pendra pernah menjadi calon legislatif dari PAN dapil Talawi, periode (2004 – 2009).

Namun pencalegkan terpaksa digugurkan lantaran Walmai Pendra diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS)  dan kemudian bertugas sebagai guru taman kanak kanak di Talawi.

Lalu, bagaimana peluang Puan dan  Partai Amanat Nasional di dapil 1? Apakah jatah satu kursi PAN bisa diraih Puan bersama sama kolega separtainya? Apakah dengan terpilihnya Walikota Deri Asta, Ketua DPD PAN Kota Sawahlunto akan mendongkrak jumlah kursi PAN di Talawi?

” Kami butuh  kader yang petarung dan itu ada sama Puan. Dapil Talawi ini beda,  keras! Puan punya basis kaum muda. Puan dekat dengan pemuda, suara pemuda itu menurut saya dapat oleh Puan,’ ujar Deri Asta

Comments

comments

Loading...
loading...