Zakaria A.Md: Berawal Dari Ketidakpuasan

Banyak yang mengatakan jika life begin at 40. Di usia 40 tahun, segalanya memang berubah.

Semua yang diimpikan di masa muda harus terwujud. Dan itu pulalah yang dipercaya oleh Calon Anggota Legislatif DPRD DKI Jakarta Dapil 5, nomor urut 9, Zakaria A.Md. Tahun ini, pria yang akrab dipanggil Aka tersebut memang berusia 40 tahun. Memasuki usia tersebut, Zakaria merasa harus berbuat sesuatu dan bermanfaat untuk orang lain.

“Pada saat umur 40 tahun, doa saya agar bisa membahagiakan orangtua, keluarga dan bisa bermanfaat bagi orang banyak. Dari doa itulah akhirnya tergerak menyumbangkan sesuatu untuk Duren Sawit,” ujar Aka.

Sedikit naif memang jika hal tersebut dijadikan alasan mengapa dirinya nekat mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Namun itulah kenyataannya.

Zakaria A.Md memang terdaftar di Dapil 5 DKI Jakarta yang melingkupi wilayah Kecamatan Duren Sawit, Jatinegara dan Kramat Jati di Jakarta Timur. Namun wilayah Duren Sawit memiliki kedekatan emosional tersendiri bagi dirinya. Di Duren Sawit lah ia tumbuh dan dibesarkan. Bahkan hingga saat ini, Aka memilih Duren Sawit sebagai wilayah tempat ia tinggal.

Sebagai warga Duren Sawit, Aka paham betul wilayah tersebut. Termasuk pembangunan Duren Sawit yang cukup pesat.

Namun pembangunan yang pesat tersebut ternyata masih menyimpan keresahan dalam dirinya. Pria yang memiliki latar belakang pekerjaan sebagai Managing Director di label Pelangi Records ini merasa kurang puas dengan pembangunan Duren Sawit yang selama ini telah berjalan.

“Pembangunan Duren Sawit itu tidak diikuti dengan pemeliharan. Jadi banyak fasilitas umum seperti Banjir Kanal Timur (BKT), jalur yang yang sangat panjang yang jadi pusat interaksi Duren Sawit kurang tersentuh pengawasan dari Pemerintah Provinsi DKI. Terkesan dibiarkan dan sudah mulai banyak pedagang yang melakukan usaha semi permanent. Saya khawatir kalau ini dibiarkan terus akan menjadi sebuah daerah kumuh yang panjang,” ungkap Aka.

Nasib orang memang tak dapat ditebak. Mungkin sudah menjadi jalannya jika Zakaria harus menuntaskan pembangun di Duren Sawit. Pada saat Zakaria ingin berbuat sesuatu untuk kampung halamannya, tiba-tiba partai Demokrat memintanya untuk menjadi caleg bagi Demokrat. Saat itu, tak terbesit sama sekali dalam pikiran Zakaria A.Md jika ia mencalonkan diri demi materi atau sebuah ketenaran.

“Saya mau bermanfaat dan menyumbang sesuatu pada lingkungan saya. Semua sudah ada jalannya. Saya pertimbangkan beberapa waktu, lalu saya diskusi dengan orangtua dan istri. Semua mendukung,” kata Aka sambil tersenyum.

Restu telah didapat, tinggal bagaimana Zakaria mengemban kepercayaan tersebut. Dengan tagline “Wujudkan Pembangunan Duren Sawit yang Tuntas”, Zakaria langsung menyusun rencana untuk memajukan Duren Sawit.

“Visi misi saya sangat membela masyarakat dan lingkungan Duren Sawit. Saya akan membuat BKT sebagai tujuan wisata kuliner dan night bazaar. Harus tertata baik, Pemkot Jakarta Timur dan Pemprov DKI harus melakukan penataan pedagang,” tegas Aka.

Saluran-saluran air yang tidak sesuai fungsingnya juga menjadi perhatian khusus baginya. “Di kawasan saya masalah utama saluran air yang nggak lancar dan banyak yang mampet. Kalau jalannya sendiri bagus, lampu penerangan juga bagus. Beberapa taman bagus, tapi gotnya juga nggak ngalir,” keluh Aka.

Zakaria A.Md memang ingin terjun langsung mengawasi pembangunan Duren Sawit. Bagi Zakaria, Duren Sawit membutuhkan sosok yang jujur dan berpihak kepada masyarakat Duren Sawit. Aka juga telah menyiapkan beberapa program bila ia terpilih nanti.

“Nanti akan menjadi pioneer, disebuah rumah dimana menjadi pusat kegiatan. “Rumah Duren Sawit Maju” dimana tersedia internet, bazaar, posyandu. Harapan saya nanti bisa di duplikasi seperti Jatinegara Maju, atau Kramat Jati Maju,” ucap Aka.

Semua yang dilakukan tersebut memang untuk kepentingan masyarakat. Selain menyediakan tempat pusat kegiatan, Aka juga akan menyediakan sebuah mobil yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Rencana saya mau adakan mobil seukuran ELF dimana bisa digunakan masyakarat Duren Sawit bagi mereka yang nggak punya mobil. Karena banyak PAUD atau pengajian terkendala kendaraan. Kalau saya terpilih, semua boleh pakai. Tinggal bayar tol dan bensinnya. Kita siapkan mobil dan drivernya,” janji Zakaria A.Md.

Visi

Mewujudkan pembangunan Duren Sawit yang Tuntas.

Misi

Penataan wilayah BKT

Saat ini BKT menjadi pusat interaksi masyarakat Duren Sawit. Pemda DKI, khususnya Walikota Jakarta Timur harus cepat melakukan penataan wilayah BKT sehingga bisa menjadi sarana umum yang tetap asri dan tertata rapih.

Perbaikan saluran air dan jalanan

Sebagian besar got di wilayah Duren Sawit tidak mengalir dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Oleh karena itu Suku Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Pemda DKI Jakarta harus mampu membuat saluran air yang memadai.

Pemanfaatan sarana umum untuk olahraga

Kita menyadari sangat kurangnya sarana bermain dan olahraga bagi anaka-anak kita. Oleh karena itu Pemda DKI harus membuka sarana umum seperti Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan, Gedung SD, SMP, dan SMA pada sore hari dan di akhir pekan sebagai sarana olah raga masyarakat sekitar.

Mengawasi pembagian anggaran

Seluruh pembangunan dan perawatan fasilitas umum di wilayah Duren Sawit memerlukan anggaran. Sebagai Anggota DPRD DKI Jakarta dari daerah pemilihan Duren Sawit, nantinya saya akan meminta dan memperjuangkan anggaran pembangunan Kecamatan Duren Sawit mendapat porsi yang adil dan mencukupi. Selama ini salah satu faktor yang membuat pembangunan di Duren Sawit terkesan lambat adalah minimnya anggaran. Setelah anggaran diterima maka saya dan seluruh masyarakat Duren Sawit wajib mengawasi penggunaan anggaran tersebut oleh Pemprov DKI dan Pemkot Jakarta Timur.

Biodata Singkat

Nama: Zakaria A.Md
Nama panggilan: Aka
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 22 Februari 1978
Alamat: Jl. Swadaya III No.11 Duren Sawit, Duren Sawit, Jakarta Timur 13440
Telp: 085884932016 (WA)
Email: durensawitmaju@gmail.com
FB: Zakaria A.Md
Twitter: @durensawitmaju
IG: @durensawitmaju

Pendidikan Formal

• SD Negeri Pondok Bambu 08 Jakarta Timur
• SMP Negeri 51 Pondok Bambu Jakarta Timur
Melanjutkan ke:
• SMP Cendana Duri
• SMA Kolombo Yogyakarta
• D3 Komunikasi – Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Pengalaman Profesi
• Reporter Kantor Berita Radio 68H Jakarta
• Editor Majalah Fotoplus, Jakarta
• Managing Editor Majalah Popcity, Jakarta
• Marketing & Promotion Manager PT. EMI Music Indonesia, Jakarta
• General Manager PT. Swara Dewa Naga, Jakarta
• Managing Director PT. Pelangi Priima Sejati, Jakarta

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...