Baru Saja Dilantik Gubernur Puebla Meksiko Tewas akibat Kecelakaan Udara

BAGIKAN
Martha Erika Alonso, tewas dalam sebuah kecelakaan udara. Alonso (45) merupakan Gubernur negara bagian Puebla pusat Meksiko tewas bersama suaminya Rafael Moreno Valle hanya beberapa hari setelah dilantik.
Loading...

Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi, Senin waktu setempat, setelah pesawat helikopter yang ditumpanginya lepas landas dari Ibu Kota Negara bagian Puebla, seperti dikutip dari BBC, Selasa (25/12/2018).

Alonso dilantik menjadi gubernur wanita pertama di Puebla setelah terlibat pertarungan sengit pada pemilu yang lalu. Ia merupakan anggota partai kanan-tengah PAN. Kematian Alonso dikonfirmasi oleh Presiden baru Meksiko, Andrés Manuel López Obrador.

Melalui sebuah tweet berbahasa Spanyol, Presiden Lopez Obrador menyatakan “belasungkawa terdalam” kepada kerabat kedua politisi tersebut. Dia mengatakan akan segera dilakukan penyelidikan untuk mengetahui apa yang menjadi menyebabkan kecelakaan itu.

Alonso mulai menjabat sebagai gubernur Puebla pada 14 Desember 2018, setelah menang tipis dalam pemilihan bulan Juli dari Manuel Barbosa, kandidat favorit Presiden Lopez Obrador untuk jabatan gubernur salah satu negara bagian terpadat di Meksiko.

Alonso saat dilantik menjadi Gubernur Puebla

Sebelumnya juga beredar kabar bahwa partai Presiden Lopez Obrador menuduh telah terjadi penyimpangan dan kecurangan yang tersebar luas dalam pemilihan itu, dan hasil akhirnya harus disahkan oleh pengadilan pemilihan.

Barbosa langsung memberikan pernyataan bahwa kematian Alonso dan Moreno Valle adalah tragedi yang tidak diinginkan oleh siapa pun. “Saya kaget dan berduka. Simpati saya kepada orang-orang yang mereka cintai. Ini bukan waktunya untuk membuat spekulasi,” ujar Barbosa.

Sementara, suami Alonso, Moreno Valle juga pernah menjabat sebagai gubernur Puebla antara 2011 dan 2017.

Peristiwa kecelakaan yang menewaskan Alonso ini, mengharuskan parlemen Puebla menunjuk gubernur sementara sampai pemilihan baru diadakan.

Comments

comments

Loading...
loading...