Aktivis Hukum Lingkungan Menuju Dewan Kota Depok

Persoalan kerusakan lingkungan dan penegakan hukum atas kejahatan lingkungan hidup hingga saat ini masih menjadi pekerjaan rumah pemerintah baik di tingkat pusat atau nasional maupun tingkat daerah.

FATHI HANIF, S.H.M.H. atau yang biasa disapa Bang Hanif, memiliki kepedulian tentang permasalahan lingkungan hidup dan bagaimana keterkaitannya dengan pembangunan yang ramah lingkungan. Dengan pengalamannya yang lebih dari 15 (lima belas) tahun bekerja dibeberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) bidang hukum dan pelestarian lingkungan. Sebagai praktisi hukum, Fathi Hanif juga tercatat sebagai Advokat dan Anggota Perhimpuan Advokat Indonesia (PERADI). Pernah bergabung dengan beberapa kantor hukum/advokat di Jakarta, serta pendiri kantor hukum FATHI HANIF and Partners di Depok Jawa Barat.

Terlahir dari keluarga Guru dan Ulama Betawi, Fathi Hanif yang juga salah satu keturunan K.H.M. Mansur Jembatan Lima- memiliki passion dibidang pendidikan. Sempat mengajar sebagai Dosen di FISIP UNTAG Jakarta dan Dosen Tamu atau Pembicara di beberapa Universitas Negeri dan Swasta. Saat ini menjadi Ketua Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Khairiyah Mansuriah Jakarta.

Selama menjadi penggiat gerakan pelestarian lingkungan, perlindungan HAM dan gerakan anti korupsi. Bang Hanif melihat bahwa persoalan di tiga bidang tersebut antara lain disebabkan belum berjalannya secara baik fungsi dan peranan eksekutif dan legislatif. Fungsi check and balance antar kedua lembaga tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, yang berakibat masyarakat rentan mengalami permasalahan pelanggaran HAM, lingkungan yang rusak, dan korupsi/pungli dipelayanan publik (pendidikan, kesehatan dll).

Melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memiliki moto perjuangan Progresif, Terbuka dan Anti Korupsi. Yang lahir dan dijalankan oleh mayoritas generasi muda, ada kesamaan chemistry dengan PSI. Bersama PSI, berhadap bisa berjuang mewujudkan harapan dan mimpi generasi muda dan masyarakat Indonesia yang merindukan Indonesia lebih baik dimasa depan, khususnya pembangunan yang menjalankan prinsip pelestarian lingkungan hidup, perlindungan HAM dan anti korupsi.

Bang Hanif saat ini maju sebagai calon anggota DPRD Kota Depok Jawa Barat dari Partai PSI di Dapil 6 meliputi Kecamatan Cipayung, kecamatan Sawangan dan kecamatan Bojongsari, dengan nomor urut 1.

Profil singkat Caleg PSI DPRD Kota Depok Dapil 6 (Cipayung, Sawangan dan Bojongsari)

Nama:
FATHI HANIF, S.H.M.H.

Tempat Tanggal Lahir:
Jakarta 30 Maret 1973.

Pendidikan:
Sarjana Hukum di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta (S1)
Magister Hukum di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (S2)
Kursus Hukum Lingkungan IASTP Project- Australia

Pengalaman kerja:
LBH Jakarta,
Indonesian Center for Environmental Law (ICEL),
Institut Hukum Sumberdaya Alam (IHSA),
WWF Indonesia.
Project Manager USAID/Indonesia Program,
Project Manager Uni Eropa/Indonesia Program dan
Project Manager Multidoor program-UNDP Indonesia.

Kontak
Alamat: Permata Depok, sector Pirus K.9 no.3 Pondok Jaya, Cipayung, Kota Depok Jawa Barat
HP/WA: 087883395159
FB: FathiHanif_PSI
Tweeter: @HanifFathi

Ditulis oleh TimĀ FATHI HANIF, S.H.M.H

Ikuti Polling Calon Anggota DPRD Kota Depok Dapil VI Tahap Dua

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...