KMP BSP I Terbakar di Perairan Selat Sunda, Penumpang Panik

Peristiwa kebakaran yang menimpa Kapal Motor Penumpang (KMP) BSP I di Perairan Selat Sunda, Kamis ( 7/2/2019 ) membuat sejumlah penumpang panik. Namun kebakaran yang terjadi di sekitar Pulau Merak Besar itu, tidak ada korban jiwa.

Kepanikan penumpang muncul pada saat kepulan asap yang cukup besar disertai percikan api menyerbak ke seluruh kapal, sehingga para penumpang sulit bernafas. Semua penumpang kapal milik PT Tri Sumaja Line ini berusaha menyelamatkan diri.

Penumpang dan crew kapal langsung menggunakan life jacket. Namun, karena peralatan kapal itu kurang, tidak semua penumpang pakai life jacket. Menurut saksi mata, sejak berlayar dari Pelabuhan Bakauheni Lampung, para penumpang sudah berada di atas kapal selama enam jam. Padahal, biasanya perjalanan hanya sekira dua jam.

Penyebab terbakarnya kapal ini masih belum diketahui. Para penumpang kapal yang mengalami kebakaran tersebut telah dievakuasi. Proses evakuasi berlangsung kurang lebih selama tiga jam, kapal baru berhasil sandar sekitar pukul 21.45 WIB.

Usai kapal sandar, penumpang pun langsung berhamburan, sejumlah penumpang nampak dibopong oleh petugas medis dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Banten.

Menurut GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Hasan Lessy. KMP BSP 1 berangkat dari pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 16.14 WIB. Namun kebakaran terjadi pada saat kapal memasuki alur pelabuhan Merak.

“Api sudah dipadamkan dan kapal didorong dua kapal tunda menuju Pelabuhan Merak,” ujar Hasan Lessy.

Menurut Lessy, KMP BSP 1 membawa 270 penumpang dan 39 kendaraan.” Kami pastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, karena api dengan cepat dapat dipadamkan,” pungkas Lessy.

Comments

comments

Loading...
loading...