Langkah Persija Jakarta di Liga Champions Asia 2019 Kandas

Langkah Persija Jakarta untuk melanjutkan kiprahnya di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 harus terhenti, usai dikalahkan tuan rumah Newscastle Jets dengan skor 1-3. Babak kualifikasi kedua Liga Champions Asia 2019 yang digelar di Hunter Stadium, Selasa (12/2/2019) ini berlangsung selama 120 menit.

Pada awal babak kedua tuan rumah sempat unggul terlebih dahulu lewat gol yang dicetak Ronald Vargas. Namun, pada menit ke 72 Ramdani Lestaluhu mampu menyamakan kedudukan hingga skor sama kuat 1-1. Sampai menit ke 90 permainan masih berimbang, namun Persija harus kebobolan dua gol pada babak tambahan 2×15 menit.

Dalam pertandingan ini, Persija mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah Newscastle Jets sekalipun Andritany Ardhiyasa harus berjibaku untuk menjaga gawangnya dari kebobolan, bahkan Persija juga sempat menciptakan beberapa peluang, termasuk melalui Riko Simanjuntak sepanjang 25 menit pertama. Namun, tendangan Riko masih bisa dihalau kiper Newcastle Jets, Glen Moss.

Sementara gawang Persija sempat dua kali terancam yaitu pada menit ke-30. Dimi Petratos mendapatkan bola di hadapan Andritany Ardhiyasa. Namun, dengan sigap Andritany menangkap bola sehingga peluang Pertatos gagal berbuah hasil.

Pada akhir babak pertama, Persija kembali mendapatkan peluang emas melalui tendangan salto Marko Simic setelah menerima umpan dari Riko Simanjuntak. Namun, tembakannya itu melesat jauh di atas mistar gawang Newcastle Jets.

Memasuki babak kedua, Persija tak mengendurkan penyerangan. Macan Kemayoran sempat mengancam pertahanan Newcastle Jets melalui sepak pojok. Namun, serangan balik cepat Jets justeru berbuah gol bagi tim tuan rumah pada menit ke-48. Tanpa kawalan Ronald Vargas menjebol gawang Andritany.

Setelah tertinggal satu gol Persija tidak menyerah justeru mencoba bermain lebih sabar. Pada menit ke 72 Ramdani Lestaluhu berhasil menyamakan kedudukan melalui tandukan setelah menyambut umpan sepak pojok Riko Simanjuntak.

Dalam kedudukan 1-1, kedua tim sama-sama tampil ngotot. Saling menjual serangan. Riko Simanjuntak membuka peluang bagi Persija untuk berbalik unggul pada menit ke-94. Namun, upaya Riko tidak bisa diselesaikan dengan sempurna oleh Novri Setiawan, melalui bola umpan silang di depan gawang Newcastle Jets.

Pada menit ke 101, Gawang Andritany akhirnya kembali bobol melalui tendangan kaki Nigel Boogard. Persija akhirnya gagal lolos ke play-off Liga Champions Asia 2019 setelah Newcastle Jets mencetak gol ketiga pada menit ke-119 melalui tandukan Matthew Ridenton. Kedudukan 3-1 untuk keunggulan Newcastle Jets pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan kekalahan itu, perjuangan Persija di kompetisi Asia belum berakhir. Macan Kemayoran otomatis bergabung ke Grup G Piala AFC 2019 bersama Ceres-Negros (Filipina), Shan United (Myanmar), dan Becamex Binh Duong (Vietnam).

Comments

comments

Loading...
loading...