Deklarasi Dukung Jokowi di Eropa Dihadiri Ribuan Relawan dari 22 Negara

BAGIKAN
Ribuan Warga Negara Indonesia di Eropa menghadiri deklarasi dukungan untuk calon Presiden dan Wakil Presiden, Jokowi-Ma’ruf Amin di Den Haag, Belanda, Senin (4/3/2019).
Loading...

Para relawan ini datang dari 22 negara di Eropa. Menurut Koordinator Relawan dan Komunitas Indonesia Pendukung Jokowi di Eropa, Sinta Dewi, warga negara Indonesia yang tinggal di Eropa terkesan dengan kinerja Jokowi di lima tahun terakhir.

“Kami merasa bangga punya Presiden Jokowi. Baru pertama kali ini negara hadir. Kalau di Eropa Jokowi bukan hanya dihormati oleh warga Indonesia tetapi oleh pemerintahan di negara-negara tempat kami tinggal, beliau itu juga dihargai dan dihormati,” ujar Sinta, Senin (4/3/2019).

Dia menilai satu prestasi Jokowi yang dianggap berbeda dengan pendahulunya adalah pengembangan tenaga surya untuk mengganti penggunaan energy fosil. Tak hanya itu, jaminan kesehatan dan pendidikan juga cukup dirasakan masyarakat yang tinggal di Eropa.

“Kami mendukung dan pengen sekali Pak Jokowi itu terus melanjutkan semua. Kami juga Diaspora Indonesia di Eropa itu adalah orang orang yang sangat mencintai keberagaman dan toleransi karena di sini kami juga macam-macam lintasnya, lintas negara, lintas generasi, lintas ras, lintas agama. Kami juga sangat suka kalau Pak Jokowi memimpin kembali dan melihat kebijakan dan profilnya presiden yang toleran, presiden yang seperti yang kami harapkan dalam kepemimpinan,” tegasnya.

Deklarasi ini bertempat di Grand Slam, Event Plaza, Den Haag, Belanda, ada sekitar 1.200 relawan dari sejumlah negara Eropa menghadiri deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

Ketua Cakra 19 Andi Widjajanto, menyampaikan latar belakang dukungan yang diberikan WNI di Eropa adalah capaian nawacita Jokowi di periode pertama. Lebih dari itu, janji-janji Jokowi di nawacita jilid 2 juga menimbulkan rasa optimisme tinggi di hati para diaspora Indonesia di Eropa.

“Pada dasarnya Mereka melihat Indonesia selama masa Pak Jokowi, berubah drastis. Di desa dengan dana desa, perubahannya juga terasa, untuk teknologi IT dengan keberadaan Palapa Ring misalnya, dan dukungan Pak Jokowi untuk perkembangan perkembangan unicorn di Indonesia. Jadi mereka melihat prestasi Pak Jokowi lengkap, mulai dari pemberantasan kemiskinan di desa sampai lompatan teknologi di Indonesia,” kata Andi.

Warga negara Indonesia di Eropa, kata Andi sangat khawatir terkait maraknya hoax di Tanah Air. Mereka meminta agar mitigasi terhadap hoaks dilakukan secara serius.

Andi mengungkapkan, deklarasi di Den Haag hanya titik awal. Deklarasi berikutnya akan digelar di Hamburg dan Berlin, Jerman. Deklarasi serupa juga bakal digelar di Paris, Prancis, Genewa Swiss dan Oslo, Norwegia. Deklarasi-deklarasi itu akan berlanjut sampai 13 April, pemungutan suara di luar negeri.

“Akan ada juga konsolidasi lagi, terutama untuk menyuarakan ayo memilih jangan golput dan tentunya mengarah ke 01 dukungannya, tapi gerakannya dimulai berderet-deret di kota kota terutama di Eropa,” pungkasnya.

Comments

comments

Loading...
Tonton Melalui Android Klik Di Sini
loading...