Tidak Ada WNA Terdaftar di DPT Sumatera Barat

BAGIKAN
Kepala Dinas Pengendalian Keluarga Berencana, Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumatera Barat, Novrial membantah adanya indikasi Warga Negara Asing (WNA) yang terdaftar di DPT di Sumatera Barat. Karena sampai saat ini belum ada tercatat WNA yang memiliki e-KTP di Sumbar.
Loading...

“Kami sudah koordinasi dengan 19 Disdukcapil kabupaten/kota di Sumbar. Tidak ada satupun Disdukcapil yang menerbitkan KTP elektronik untuk WNA,” ujar Novrial di Padang, dikutip dari Antara, Rabu (6/3/2019)

Novrial menyampaikan hal ini untuk menanggapi beredarnya informasi tiga orang WNA memiliki KTP di Sumbar, sekaligus terdaftar di DPT.

Terkait pendataan pemilih menurut Novrial, kewenangan Disdukcapil adalah menyerahkan Data Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada KPU, sedangkan dalam pemutakhiran data lanjutan melalui beberapa tahapan dilakukan oleh KPU.

Dari analisis data DP4 yang diserahkan untuk Pemilu 2019, dipastikan tidak ada WNA yang “terselip” di dalamnya. Apabila ada ditemukan fakta WNA punya KTP Elektronik dan terdaftar dalam DPT, ini perlu ditelusuri lebih jauh agar bisa dibuktikan.

Disdukcapil Sumbar hingga saat ini masih fokus untuk pencetakan KTP elektronik bagi WNI, karena masih banyak masyarakat yang baru berusia 17 tahun belum memiliki KTP termasuk masyarakat yang pindah domisili.

“Blangko KTP elektronik untuk WNI saja masih kurang, tidak mungkin kita bikinkan untuk WNA. Walaupun penerbitan KTP untuk WNA itu boleh dilakukan sesuai aturan dengan masa berlaku hanya satu tahun,” tegasnya.

Menanggapi kabar yang beredar terkait adanya WNA yang masuk DPT, Novrial telah berkoordinasi dengan KPU Sumbar untuk mengecek kebenarannya. Kabar tersebut menyatakan tiga orang WNA ber KTP yang masuk dalam DPT. Masing-masing di Bukittinggi, Solok, dan Tanah Datar.

Comments

comments

Loading...
Tonton Melalui Android Klik Di Sini
loading...