“Yowis Ben 2” Mengeksplorasi Bahasa Jawa Dan Sunda Dalam Satu Cerita Film

Indeksnews – Setelah kesuksesan film pertamanya film Yowis Ben, akhirnya skuel film besutan Starvision bakal tayang pada 14 Maret 2019. Menurut sang sutradara Bayu Skak yang masih mangandeng Fajar Nugros dalam mendirect film Yowisben 2 ini mengaku film yang dibintanginya akan menyuguhkan lebih banyak drama dibandingkan film pertamanya bahkan menyuguhkan lintas budaya didalamnya.

“Yowis Ben pertama, kami dihajar komedi, orang-orang sangat senang sekali karena pertama mereka nonton, ketawa. Bahkan titiknya rapat banget, ada komedi yang ketutup sama ketawanya orang. Padat gitu. Dari segi drama dikit,” kata Bayu disela prescreening film “Yowisben 2” di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/19).

“Nah, yang kedua ini kami dituntut untuk komedinya kena, dramanya kena, so far dramanya kena banget,” sambungnya.

Tak hanya menyuguhkan drama dan komedi yang lebih fresh dan lebih mengalirkan penonton, film yang di produseri Chand Parvez juga menyuguhkan lintas budaya didalamnya seperti dialong yang digunakan dalam setiap adegan.

“Para pemain berdialog menggunakan bahasa Jawa dan Sunda. Kebahagiaan melalui karya ini semua tim terlibat saling belajar bahasa dan budaya Jawa dan Sunda, bersama dan saling menghormati. Untuk penonton tercinta, apabila di Yowisben ada subtitle untuk bahasa Jawa, di Yowisben 2 subtitlenya untuk bahasa Jawa dan Sunda.”ujar Bayu.

“Benar, berkat film Yowisben  saya mengenali bahasa dan budaya Jawa. Fakta yang menyejukkan, bahwa film keberagaman berbahasa daerah berhasil menempati posisi box office. Keberagaman menyejukkan ini, diperluas jadi lintas budaya melalui film Yowisben 2.”ungkap Chand Parvez

Bagi Fajar Nugros,  Mengerjakan sekuel tentu menjadi pengalaman baru baginya. Iapun mengakui tidak ingin film sekuelnya menjadi berlebihan, juga tidak ingin terasa seperti orang-orang yang lupa daratan.

“Kekuatan utama Yowis Ben adalah kesederhanaannya, maka kesederhanaan tetap menjadi kekuatan utama film Yowisben 2. Saya harap Yowisben 2 ini bisa menjadi tontonan yang fresh, menghibur, serta memberi besan positif agar jangan mengesampingkan unsur-unsur Daerah.”ujar Fajar Nugros

Film sekuel besutan Starvision mengisahkan usai diputus Susan (Cut Meyriska), Bayu (Bayu Skak) dihadapkan naiknya harga kontrakan yang membuat dia, Ibunya dan Cak Jon (Arief Didu) terancam diusir. Untungnya Yowis Ben populer di Malang dan jadi satu – satunya harapan Bayu menyelesaikan persoalan keuangan.

Celakanya masing-masing personil menyimpan masalah. Mulai dari Yayan (Tutus Thomson) yang menikah, krisis keluarga Nando (Brandon Salim) sejak ayahnya memutuskan mau nikah lagi, hingga masalah seremeh Doni (Joshua Suherman) berambisi punya pacar.

Krisis keuangan membuat Bayu melupakan Susan, walau ada kemunculan sosok cewek bernama Mia (Anggika Bolster). Bayu memecat Cak Jon dari jabatan menejer Yowis Ben, lalu mempercayakan Yowis Ben kepada Cak Jim (Timo Scheunemann), bule yang mengklaim dirinya sudah membesarkan banyak artis nasional. Mereka pun hijrah ke Bandung. Tapi masalah justru bertambah, selain kredibilitas Cak Jim yang mencurigakan, Bayu juga harus meluluhkan hati Bapak super galak karena dia jatuh cinta dengan ASIH (Anya Geraldine), putrinya.

Berhasilkah Bayu menjadi pemimpin untuk menyelamatkan keluarganya lewat Yowis Ben yang semakin terpecah?

Film yang di bintangi oleh Bayu Skak,Joshua Suherman, Brandon Salim, Tutus Thomson, Anya Geraldine, Laura Theux, Devina Aureel, Anggika Bolsterli, Cut Meyriska, Siti Badriah, Arief Didu, Tri Yudiman, Erick Estrada, Scheunemann, Budi Dalton dan pemain lainnya bakal tayang mulai 14 Maret 2019.

Comments

comments

Loading...
loading...