Siti Aisyah Bebas dari Tuntutan Hukuman Kasus Pembunuhan Kim Jong-nam

Mahkamah Tinggi Shah Alam, Malaysia membebaskan Siti Aisyah tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Pembebasan Siti Aisyah disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.

“Iya Siti Aisyah bebas,” ujar Rusdi ketika keluar dari ruang persidangan Mahkamah Tinggi Shah Alam, Malaysia, Senin (11/3/2019)

Ketika hakim memutuskan pembebasan tersebut, Siti langsung dibawa keluar dari ruang siding dengan mengenakan kerudung merah muda, Siti Aisyah langsung dibawa ke mobil oleh perwakilan KBRI.

Sumber dari KBRI di Malaysia menyampaikan bahwa hakim telah memutuskan untuk menarik dakwaan terhadap Siti Aisyah. “Jaksa secara resmi menarik dakwaan terhadap Terdakwa 1 Siti Aisyah sesuai Pasal 254 Criminal Procedure Code,” ujar Rusdi Kirana.

Pada awal siding, Rusdi mengatakan akan terus melakukan yang terbaik untuk Siti Aisyah. Dia yakin Siti Aisyah tak bersalah. “Sudah menjadi kewajiban kami sebagai perwakilan dari negara Indonesia untuk dalam setiap masalah, kalau dia WNI, kita harus layani mereka,” ujar Rusdi.

Sebelumnya, Siti Aisyah ditangkap otoritas Malaysia pada 15 Februari 2017. Wanita warga negara Indonesia ini dituduh menjadi pelaku penyerangan Kim Jong-nam dengan menggunakan racun VX.

Namun, Siti Aisyah mengaku dirinya tidak mengetahui mengenai pembunuhan tersebut dan hanya melakukan prank. Hingga saat ini, keterangannya selalu konsisten bahwa dirinya merupakan korban prank.

Untuk sidang pembelaan Siti Aisyah, rencananya akan dilakukan pada Mei mendatang. “Kita akan selalu lakukan yang terbaik untuk Siti Aisyah,” tutur Rusdi.

Comments

comments

Loading...
loading...