Peta Politik dan Prediksi Fauzi Hasan Di Dapil 3 Lembah Segar Silungkang

 

Sawahlunto – Indeksnews Mantan Wakil Walikota Sawahlunto dan Politisi Partai Demokrat Fauzi Hasan memprediksi wakil rakyat yang bakal duduk di DPRD Sawahlunto untuk periode (2019 – 2024)

Meski Fauzi Hasan masih disibukan dengan pekerjaanya di Jakarta. Fauzi mengaku sudah dapat membaca dan memetakan kekuatan Parpol beserta Caleg di setiap kantong kantong suara pemilih di Dapil 3.

Fauzi Hasan yang juga menjadi Caleg di Dapil 3 Kota Sawahlunto itu mengaku belum mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2019 nanti.

Meski demikian, Fauzi tetap optimis dirinya masih dikehendaki oleh masyarakat untuk menjadi wakil rakyat, khususnya di Kecamatan Silungkang. Faktanya, dalam tiga kali Pilkada langsung, perolehan suara Fauzi Hasan masih belum tertandingi.

Fauzi Hasan memperkirakan jatah 8 kursi di dapil 3 Kecamatan Lembah Segar dan Kecamatan Silungkang itu masih didominasi oleh parpol – parpol yang kini berkuasa seperti PAN, Demokrat, Golkar, PKPI dan PPP.

Fauzi Hasan memperkirakan Partai Gerindra ditahun pemilu ini mendapatkan jatah 1 kursi. Partai Gerindra sebelumnya selalu gagal mendudukan Calegnya di Dapil 3 Kecamatan Lembah Segar dan Silungkang.

” Kampung Saya di Lunto, Saya faham betul karakter masyarakat Lunto. Saya kira Mantan Kepala Desa Lunto itu ( Adepron) berpeluang dari Partai Gerindra. Ada juga Bakri atau Elfria Rita Dewi (Golkar). Depron dan Bakri mungkin sudah 2 kursi dari Nagari Lunto,” kata Fauzi Hasan.

Dikawasan perkotaan, Fauzi Hasan memprediksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih terlalu kuat dipimpin oleh inkumben Ketua DPRD Sawahlunto Adi Iktibar. Menurut Fauzi Hasan, Adi Iktibar berpeluang besar duduk kembali di dewan.

Partai Amanat Nasional (PAN) diprediksikan kembali dapat jatah 1 kursi. Dikatakan Fauzi Hasan, kekuatan PAN ada pada Epy Kusnadi di Sawahlunto, Darison di Muaro Kalaban, Brori di Lunto serta Irland dan Ayu di Silungkang.

” Darison lebih berpeluang sebab ia punya basis pemilih di Desa Muaro Kalaban. Jumlah suaranya konstan dalam dua kali pemilu, dan mungkin sulit dikalahkan,” ujar Fauzi Hasan

Mantan Kepala Desa Muaro Kalaban Masril diprediksi bakal duduk di dewan dari Partai PKPI. Selain Masril, menurut Fauzi, kekuatan Partai PKPI ada pada  Fidel  dan Armando di Silungkang. Fidel dikatakan Fauzi  punya timses yang kuat yaitu Al ketua. Meski demikian, kekuatan Si Abang ( Masril) di Muaro Kalaban menurut Fauzi masih sulit dikalahkan.

Partai Demokrat mendapat jatah 1 kursi. Masuknya inkumben Jhoni Warta ( pengusaha tambang) yang berasal dari Dapil 2 Talawi pindah ke Dapil 3 menurut Fauzi Hasan telah merubah tatanan politik di Dapil 3.

Menurut Fauzi Hasan, masyarakat menjadi cendrung berorientasi berpolitik dengan melihat kekuatan finansial. Padahal itu, menurut Fauzi, tidak akan mendidik masyarakat untuk cerdas dalam berdemokrasi. Sangat rawan terjadi politik uang.

Fauzi Hasan membaca kekuatan Partai Demokrat ada pada dirinya, Jhoni Warta dan Weldison. Fauzi Hasan melihat Jhoni Warta lebih punya peluang jika dirinya tidak jadi maju.

” Misalkan Pak Jhoni Warta punya dana kampanye Rp 1 milyar, saya maju tanpa modal, Insya Allah saya masih lebih dipercaya oleh masyarakat,” tegas Fauzi

Dari nama dan parpol yang tadi disebut telah diprediksi 6 kursi dari 6 parpol bakal bertengger di Kelok Es (DPRD Sawahlunto). Fauzi Hasan menyebut dengan sistem pembagian jumlah kursi saat ini, maka 2 kursi tersisa akan diperebutkan oleh Partai Nasdem, Perindo, PKS dan Hanura.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...