Incar Nasabah Bank Polisi Tembak Mati Begal di Bekasi

Satu dari 6 orang begal yang biasanya beroprasi di Kawasan Jati Asih, Bekasi terpaksa ditembak mati petugas, karena melakukan perlawanan saat ditangkap. Peristiwa yang terjadi, Selasa (9/4/2019) ini berawal ketika 6 orang anggota komplotan begal ini akan beraksi dan tengah mengincar nasabah bank.

“Pelaku ini merupakan kelompok Palembang-Lampung, khusus nasabah bank. Spesialis nasabah bank, mengincar nasabah, dia berkelompok dan menyebar,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, Kamis (11/4/2019).

Argo mengungkapkan, komplotan ini menjadikan nasabah bank sebagai target aksinya. Pelaku berjumlah 6 orang, mereka memiliki peran masing-masing. Sebagai ‘penggambar’, ‘pilot’, dan ‘eksekutor’.

Kata Argo, yang berperan untuk menggambar lokasi adalah salah satu tersangka berinisial B. Tugasnya masuk ke dalam bank untuk mengamati transaksi penarikan uang yang dilakukan oleh nasabah.

“Dia duduk, tapi dia bisa memggambarkan, nasabah yang ambil Rp 30-100 juta, yang ambil sendiri, dia akan menandai. Setelah dia mengetahui orang yang jadi sasaran, dia tandai apa itu pakaiannya. Keluar dari bank diikuti, dan dia sendiri,” ujar Argo.

Semuanya dipetakan oleh B kemudian tugas akan ia serahkan kepada beberapa pelaku lain yakni DD dan H. Mereka kemudian menguntit, dan salah satu dari mereka akan menggembosi ban kendaraan korban.

“Kemudian sopir akan merasakan kempes, langsung berhenti, dan mengambil peralatan ganti ban. Saat ganti ban yang bocor, itu kesempatan pelaku lain, eksekutor dia ambil dari pintu kanan. Kalau yang bocor sebelah kiri, begitu sebaliknya,” ujar Argo.

Komplotan begal ini ditangkap pada Selasa (9/4/2019) lalu, setelah sebelumnya sang kapten, yakni H, ditembak pada Senin (8/4/2019) dan tewas. H sempat melawan petugas saat pengembangan kasus di kawasan Cipayung.

“Dia mendorong petugas sehingga petugas yang di belakangnya melakukan tindakan tegas terukur. Kemudian ia kehabisan darah dan tewas di RS Polri,” pungkas Argo.

Comments

comments

Loading...
loading...