TKN: Kemungkinan Temuan Surat Suara Tercoblos 01 di Malaysia Merupakan Rekayasa

Inas Nasrullah Zubir dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin berbicara kemungkinan kasus temuan surat suara yang sudah tercoblos 01 di Malaysia merupakan rekayasa. Ia meminta agar Bawaslu lebih jeli melihat temuan ini.

“Karena ditemukan oleh 02 dalam kantong plastik, bisa saja mereka mau fitnah kita, gitu kan. Soalnya yang menemukan mereka, aneh, di tempat terpencil, mereka menemukan di tempat terpencil surat tercoblos 01 dan NasDem, kalau nggak salah ya,” ujar Inas, Kamis (11/4/2019).

Terkait beredarnya video mengenai temuan surat suara yang sudah tercoblos di media sosial. Inas mencurigai dalam salah satu bagian video itu tampak ada salah seorang yang menemukan mengacungkan gestur dua jari.

Itulah dasar Inas menyebut penemu surat suara iitu berasal dari kubu 02. Dia meminta Bawaslu jeli melihat kasus temuan tersebut. “Yang jadi pertanyaan, kok mereka bisa menemukan hal itu di tempat terpencil. Jadi Bawaslu harus cerdas melihat apakah ini ada permainan dari 02 atau tidak. Bawaslu harus jeli melihat ini, apakah memang ada kesengajaan mereka mencoblos untuk kemudian menyudutkan 01,” ujar anggota DPR ini.

“Saya sudah pantau. Karena kan kalau saya lihat di videonya tempatnya tempat terpencil, aneh juga gitu, kok mereka bisa menemui tempat terpencil,” ujar Inas.

Terkait kasus temuan tersebut, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Malaysia juga menanggapi temuan surat suara tercoblos di Selangor. Mereka mencurigai surat suara tersebut sengaja dibuat oleh oknum untuk upaya penyudutan.

“Kami TKN Malaysia terkejut mendengar berita yang tersebar bahwa ada oknum yang melakukan tindakan kriminal terkait pencoblosan kertas suara secara sengaja di wilayah Bangi, Selangor, Malaysia,” ujar Dato M Zainul Arifin merupakan Sekretaris TKN Malaysia, Kamis (11/4/2019).

TKN Malaysia tidak akan menelan mentah-mentah terkait temuan kertas suara yang sudah tercoblos mayoritas 01 tersebut. TKN menunggu informasi lebih rinci soal temuan itu. “Perlu juga kita telusuri apakah kertas itu betul-betul kertas suara keluaran dari KPU atau ada oknum yang sengaja merugikan pihak kami, pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf, karena semua kertas suara tercoblos dugaan sampel mengarah kepada 01. Dengan jumlah puluhan ribuan sangat banyak dan rumit kalau dilakukan orang per orang,” ujar Dato Zainul.

Dato Zainul menyampaikan, TKN Malaysia akan mengadakan rapat koalisi 01 pada sore ini untuk menyikapi masalah ini dan segera memberi pernyataan sikap terkait ini. Dan ia berharap agar masyarakat jangan dulu menyimpulkan sikap yang negatif terhadap kejadian ini sebelum memastikan hal ini terjadi.

Sebelumnya telah diberitakan, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yazza Azzahara mengatakan sudah melaporkan temuan surat suara tercoblos di Selangor ke Bawaslu pusat. Surat suara itu dibungkus dalam kantong-kantong plastik berwarna hitam yang diletakkan di ruko di Bangi, Selangor. Dari pengecekan awal, ditemukan juga ada surat suara pileg yang sudah tercoblos.

“Jadi berdasarkan sampel yang kita ambil terdapat beberapa surat suara yang sudah dicoblos. Semuanya mayoritas mencoblos 01 dan juga ada di pileg untuk NasDem. Ini sudah kami sampaikan ke Bawaslu,” ujar Yazza.

Comments

comments

Loading...
loading...