Frances Caitlin Tirtaguna Rilis Situs Budaya Betawi Setu Babakan

Setelah rilis buku ” Ondel – ondel Galau”, konsisten memperkenalkan Kebudayaan Betawi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia, Frances Caitlin Tirtaguna berinisiatif membuat sebuah portal website PBB Setu Babakan agar siapapun bisa mengakses dengan mudah yang diserahkan kepada Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan.

“Salah satu alasan saya membuat Website Perkampungan Budaya Betawi karena Saya menyadari banyak orang yang tidak tahu dan kenal Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini,” kata Frances, disela acara penyerahan situs budaya Betawi kepada  Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan di Jakarta Selatan, Rabu (15/5/19).

Pembuatan situs tentang budaya Betawi Frances perlu waktu 6 bulan membuat situs. Sebelum diserahkan kepada pihak Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, gadis berusia 16 tahun melakukan riset di perkampungan budaya Betawi Setu Babakan.

“Cukup lama saya dan tim membuat situs ini, selain butuh riset, saya juga masih sekolah jadi memang cukup sulit membagi waktu karena saya masih sekolah. Alhamdulillah selesai situsnya bisa di klik www.setubabakanbetawi.com atau www.perkampunganbudayabetawisetubabakan.com.”ungkap Frances

Situs ini bertujuan untuk siapapun agar bisa mengakses dengan mudah mendapatkan informasi lengkap tentang Kebudayaan Betawi dan Perkampungan Budaya Betawi. Website inipun akan mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan.

“Saya melihat minimnya informasi online yang kredibel yang bisa didapatnya saat melakukan riset hingga perekonomian masyarakat setempat. Saya ingin semua orang tahu budaya Betawi terutama di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini,”tambah gadis punya segudang prestasi ini.

BACA JUGA:  Sebelum Lepas Single Duet, Ratu Meta Ajak Fans Di Opening Bisnis Kuliner.

Mengenai situs yang di inisiasi oleh Frances, pihak Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sangat bangga dan menyambut baik atas rilisnya situs tersebut.

“Kawasan ini tertutup oleh media, Kita seolah ada di kawasan yang antah berantah, akhirnya ada keinginan dari masyarakat betawi dan mulailah dilihat orang-orang. Alhamdulillah hari ini kita dibantu oleh Frances dengan keinginan yang luhur dan mulia,” ucap Budayawan Betawi, Yahya Andi Saputra.

“Kami bangga ada anak milleneal diluar perkampungan budaya Betawi yang peduli dengan budaya, wisata dan ekonomi di sini dengan membuat situs tentang kebudayaan Betawi dan sebagainya.”ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Ibu Hj. Rofiqoh Mustafa.

Menurut Budayawan Betawi, Bang Indra Sutisna pihaknya akan terus mengawasi dan menjaga keberadaan situs budaya Betawi ini dengan sebaik – baiknya.

“Kami akan terus mengawasi dan mendampingi Frances dan tim untuk mengelola situs ini, tak hanya materi tapi juga soal urusan IT bila ada ngangguan dan sebagainya,”ujar Indra Sutisna.

Frances berharap dengan dibuatnya situs tersebut bisa membantu meningkatkan perekonomian PBB Setu Babakan. Hal itu lantaran pengunjung situs akan mudah mencari makanan atau minuman tradisional, batik Betawi hingga sanggar kesenian Betawi.

Situs ini berisi tentang sejarah, Profil, Fasilitas, Ragam Budaya (mulai dari Kesenian, Adat & Tradisi, Pakaian Adat, Transportasi Tradisional, Rumah Adat, Permainan, Seniman dan Tokoh hingga Kuliner Betawi), Acara dan Berita serta Mitra Pedagang. (@enny_hdyn).

Comments

comments

Loading...