Terkena Asam Lambung Saat Puasa, Inilah Cara Mengatasinya

Asam lambung naik adalah keluhan umum saat puasa, selain bau mulut, dehidrasi, dan diare. Naiknya asam lambung ditandai dengan perut mulas, mual, perut begah, dan nyeri ulu hati. Kondisi ini dapat mengganggu kelancaran berpuasa, sehingga sebisa mungkin untuk mencegah naiknya asam lambung dengan menerapkan pola makan yang sehat. Jika asam lambung naik saat puasa, jangan panik. Ini tips untuk mengatasi kondisi tersebut:
  1. Perhatikan Pola Makan

Asam lambung gampang naik kalau kamu tidak memperhatikan pola makan saat sahur dan berbuka. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung yang perlu dihindari. Di antaranya adalah makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak (seperti gorengan, santan), cokelat, minuman bersoda, dan kafein.

Jika kamu mengalami gejala naiknya asam lambung, perhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi sebelumnya. Hindari konsumsi asupan tersebut saat sahur dan berbuka pada hari berikutnya. Untuk mengatasi asam lambung naik, konsumsi jahe hangat saat berbuka yang mampu mengatasi masalah asam lambung.

  1. Makan dan Minum Obat Lebih Teratur

Usahakan untuk langsung berbuka puasa dengan makanan yang baik untuk asam lambung, seperti oatmeal, sayuran hijau, daging tanpa lemak, pisang, atau roti. Hindari makanan bersantan (termasuk kolak), berlemak, dan minuman bersoda. Obat asam lambung bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

  1. Perhatikan Porsi Makan Saat Berbuka

Makan banyak memang bikin kenyang, tapi, tahukah kamu jika kebiasaan ini bisa memicu naiknya asam lambung? Maka itu, kamu dianjurkan untuk memperhatikan porsi makan, terutama saat berbuka. Makan sedikit demi sedikit, diawali dengan konsumsi makanan atau minuman pembuka, misalnya, jahe hangat dan buah kurma. Setelahnya, kamu bisa konsumsi makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

  1. Kunyah dengan Benar

Selain makan terlalu banyak, makan cepat juga bisa memicu naiknya asam lambung. Itu mengapa kamu dianjurkan untuk makan secara perlahan, mengunyah hingga makanan menjadi lembut. Proses mengunyah membantu enzim pencernaan untuk mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah, sehingga mengurangi risiko naiknya asam lambung atau memperburuk gejala GERD.

  1. Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Baik saat sahur ataupun berbuka. Rasa kenyang memang bisa memicu rasa kantuk, apalagi saat sahur. Namun sebaiknya, kamu tidak langsung tidur setelah makan, karena memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang dikonsumsi. Tunggu setidaknya 30 menit setelah makan, baru kamu bisa tidur.

Sumber: halodoc

Comments

comments

Loading...
loading...