Mesir Selidiki Lelang Patung Tutankhamun di London

Mesir telah meluncurkan penyelidikan atas rencana penjualan patung batu Raja Tutankhamun berusia 3000 tahun, yang diperkirakan akan berlangsung di London bulan depan.

Para pejabat di Mesir khawatir bahwa karya itu, yang dikenal sebagai Kepala Amun, mungkin telah dijarah dari negara tersebut.

“Jika terbukti bahwa setiap bagian telah dipindahkan secara ilegal ke luar negeri, kami akan mengambil tindakan hukum dengan Interpol,” kata juru bicara Kementerian Kepurbakalaan Mesir. “Kami tidak akan pernah mengizinkan siapa pun untuk menjual artefak Mesir kuno.”

Departemen itu akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri Mesir untuk memulangkan patung tersebut jika tuduhan itu terbukti, tambah mereka.

“Tampaknya patung ini dirampas dari Kuil Karnak [Luxor],” Zahi Hawass, mantan kepala bidang barang antik negara itu, menuding.

Dia menambahkan bahwa rumah lelang Christie “tidak akan memiliki bukti apa pun tentang kepemilikannya.”

Patung ini dimiliki dan dijual oleh The Resandro Collection, yang digambarkan oleh Christie sebagai “salah satu kolektor swasta seni Mesir paling terkenal di dunia”.

“Objek kuno berdasarkan sifatnya tidak dapat ditelusuri selama ribuan tahun,” kata juru bicara Christie. Sangat penting untuk menetapkan kepemilikan baru-baru ini dan hak hukum untuk menjual yang telah kita lakukan dengan jelas. Kami tidak akan menawarkan penjualan objek apa pun jika ada kekhawatiran atas kepemilikan atau ekspor.

“Patung itu telah dipamerkan dan dipublikasikan secara luas dan kami telah memberi tahu Kedutaan Besar Mesir sehingga mereka mengetahui penjualan tersebut. Ada pasar lama dan sah untuk karya seni dunia kuno, di mana Christie telah berpartisipasi selama beberapa generasi. Christie secara ketat mematuhi perjanjian bilateral dan hukum internasional sehubungan dengan kekayaan budaya dan warisan. ”

BACA JUGA:  Kebakaran Landa Sekolah Agama, 27 Anak Tewas

Rumah lelang tersebut mengharapkan “kepala kuarsa coklat” dari firaun itu untuk berharga lebih dari £ 4 juta ketika dilelang pada 4 Juli akan datang.

The Resandro Collection memperoleh patung itu “dari Heinz Herzer, dealer yang berbasis di Munich pada tahun 1985”.

“Sebelum ini, Joseph Messina, seorang dealer Austria, memperolehnya pada 1973-74 dari Prinz Wilhelm von Thurn und Taxis yang konon memilikinya dalam koleksi pribadi pada 1960-an,” juru bicara Christie menambahkan.

Pada Januari 2019, Mesir mengatakan telah memulihkan sebuah tablet batu kuno yang secara ilegal diselundupkan ke luar negeri ke Inggris. Negara itu memulihkan artefak setelah ditemukan dijual di rumah lelang London yang tidak disebutkan namanya.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...