Pelaku Penembakan Ketua KPPS Dilumpuhkan dengan Timah Panas

Hampir satu bulan buron, Apri alias Aap, (36), tersangka perampok yang menembak Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Isorejo, Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara ditangkap saat pulang kampung untuk berlebaran.

Tersangka yang merupakan warga Desa Bandar Abung, Kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara dilumpuhkan karena melawan saat ditangkap di rumahnya, Senin (10/6/2019) pada pukul 02.00 WIB.

Kapolres Lampung Utara AKBP. Budiman Sulaksono, mengungkapkan Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Lampung Utara melumpuhkan tersangka penembak Ahmad Sapari (57), Ketua KPPS, pada 19 April 2019 lalu. Tersangka Apri warga Desa Bandar Abung, Kecamatan Abung Surakarta, tindakan Aap kepada korban murni kriminalitas.

“Penembakan dengan korban Ketua KPPS Desa Isorejo adalah murni tindak kriminalitas. Tidak ada keterkaitan dengan isu politik pasca Pemilu 2019 atau kegiatan sejenisnya,” ujar Kapolres Lampura AKBP. Budiman Sulaksono.

Seperti diberitakan sebelumnya, telah terjadi pencurian dengan kekerasan (curas) yang dialami korban di kediamannya tersebut bermula saat saksi pelapor, Sigit Prasetyo, mendengar suara letusan mirip senjata api dua kali yang berasal dari rumah warga yang merupakan Ketua KPPS yakni Ahmad Sapari.

Saksi pelapor juga mendengar suara teriakan seorang perempuan yang meminta tolong. “Setelah mendengar adanya suara letusan dan teriakan minta tolong, saksi pelapor dan warga sekitar yang berdekatan keluar rumah seraya mendatangi asal-usul teriakan dan letusan senjata api dimaksud,” kata Kapolres.

Saat mengetahui sumber suara dan teriakan perempuan meminta tolong itu berasal dari rumah paman saksi pelapor yang bernama Ahmad Sapari dan menyaksikan saat itu korban sudah mengalami luka tembak pada bagian perutnya.

“Warga yang berkumpul di tempat kejadian perkara (TKP) kemudian langsung membawa korban menuju RS Handayani Kotabumi menggunakan kendaraan milik warga setempat guna memberikan pertolongan medis,” jelasnya.

Terkait peristiwa tersebut, selain melakukan aksi penembakan, pelaku juga berhasil membawa satu unit kendaraan jenis Honda Vario milik korban.

Berdasarkan laporan polisi beromor LP/ 262/ III/ 2019/ PLD LPG/ RES LU, tertanggal 19 April 2019, dengan pelapor atas nama Sigit Prasetyo, serta hasil olah TKP, jajaran TEKAB 308 Satreskrim Polres Lampura memburu pelaku yang teridentifikasi dengan identitas Apri alias Aap.

Pelaku penembakan yang diketahui selama ini bersembunyi di seputaran Desa Sukadana, Kecamatan Bunga Mayang. Dari tangan tersangka diamankan sebilah senjata tajam (sajam) jenis badik yang juga dipakai pelaku saat beraksi.

Comments

comments

Loading...
loading...