Trump Kirim 1.000 Pasukan ke Polandia

Presiden Trump pada hari Rabu mengumumkan kerja sama pertahanan baru antara Amerika Serikat dan Polandia, mengatakan 1.000 lebih pasukan Amerika akan dikirim ke negara itu sebagai bagian dari “kemitraan strategis,” sambil merayakan rencana pembelian jet F-35 Joint Strike Fighter oleh Polandia.

Trump mengatakan Polandia akan menyediakan “pangkalan dan infrastruktur” untuk mendukung kehadiran militer sekitar 1.000 tentara Amerika di negara itu.

“Pemerintah Polandia akan membangun proyek-proyek ini tanpa biaya ke Amerika Serikat,” kata Trump di Kebun Mawar Gedung Putih. “Pemerintah Polandia akan membayar untuk ini.”

Sebelumnya pada hari itu, Trump mengatakan Amerika Serikat telah menempatkan puluhan ribu pasukan di Jerman untuk “waktu yang sangat lama” dan bahwa ia mungkin akan memindahkan “sejumlah” personil itu ke Polandia “jika kami setuju untuk melakukannya.”

Para pemimpin Polandia telah melobi pasukan tambahan selama berbulan-bulan dan berharap pangkalan permanen AS yang mereka sebut bisa disebut “Benteng Trump.” Negara-negara Eropa Timur telah menjangkau AS dan NATO untuk perlindungan yang lebih besar, khawatir bahwa mereka mungkin menjadi target berikutnya dari kemajuan militer Rusia.

Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa ia “sangat senang” bahwa Polandia telah mengumumkan niatnya untuk membeli 32 pesawat tempur F-35 buatan Amerika. Untuk menghormati kemungkinan pembelian itu, satu F-35 terbang melintasi Gedung Putih pada suatu sore yang cerah.

“Beberapa saat yang lalu kita menyaksikan penerbangan mengesankan dari F-35 saat terbang di atas Gedung Putih,” kata presiden.

Trump berkomentar selama konferensi pers bersama Rose Garden dengan Andrzej Duda, presiden Polandia. Sementara konferensi pers berfokus pada bidang-bidang perjanjian, Trump mengatakan bahwa dia berbeda pendapat dengan upaya Polandia untuk memaksa hakim agung di negara itu untuk pensiun dini.

Juga pada hari Rabu, Trump menolak saran bahwa perjanjian pemerintahannya dengan Meksiko untuk tidak mengenakan tarif sebagai imbalan atas upaya perlindungan perbatasan telah dinegosiasikan beberapa bulan yang lalu. “Kami tidak akan pernah memiliki kesepakatan dengan Meksiko tanpa mengenakan tarif,” kata Trump.

Comments

comments

Loading...
loading...