NBA Finals 2019 : Runtuhkan Dinasti Warriors, Raptors Juara Baru NBA

Toronto Raptors menjuarai NBA untuk pertama kalinya. Mereka mengamankan gelar dengan kemenangan 114-110 atas Golden State Warriors di Game 6 Final NBA 2019, mengakhiri seri 4-2.

Warriors berjuang keras dalam pertandingan terakhir mereka di Oracle Arena tanpa Kevin Durant, yang mematahkan otot Achilles kanannya di Gim 5, dan pada 14 menit terakhir, mereka kehilangan Klay Thompson, yang mencetak 30 poin sebelum mengalami cedera lutut kiri pada akhir kuartal ketiga.

Permainan ini sempat seri tiga kali pada kuartal keempat sebelum VanVleet memasukan tembakan tiga angka kelimanya untuk keunggulan 104-101 Raptors.

Toronto lalu memimpin 6 poin sebelum tembakan tiga angka oleh Draymond Green memotong jarak menjadi dua poin, dan Warriors tertinggal 111-110 dengan 18,5 detik tersisa.

Golden State kemudian memaksa Toronto melakukan turnover ketika umpan buruk dari Danny Green gagal ditangkap Pascal Siakam dengan 9,6 detik tersisa, tetapi Stephen Curry gagal dalam upaya tiga poin. Setelah perebutan bola, Warriors dinilai melakukan pelanggaran teknis karena memanggil timeout dengan 0,9 detik tersisa ketika mereka kehabisan jatah timeout.

Leonard menambah keunggulan menjadi 2 poin dengan technical free throw, kemudian menambahkan dua lagi setelah mendapat pelanggaran pada inbound pass untuk mengamankan kemenangan tandang ketiga Toronto dalam seri ini. Tidak ada tim yang mencapai prestasi itu sejak Los Angeles Lakers pada tahun 2001.

Leonard, yang terpilih sebagai Final MVP, akan menjadi free agent pada musim panas ini. “Saya akan menikmati ini dengan rekan satu tim dan pelatih saya, dan saya akan memikirkannya nanti.” komentarnya. Ini merupakan kali kedua Leonard memenangkan Finals MVP, dan juga kali keduanya “meruntuhkan” dinasti di NBA setelah mengalahkan Miami Heat pada tahun 2014.

Lima pertandingan terakhir dimenangkan oleh tim tandang, rentetan kemenangan tandang terpanjang dalam NBA Finals dalam sejarah.

Siakam menghasilkan 10 rebound dan Lowry 10 assist untuk menyelesaikan penampilan double-double untuk Raptors, yang mengungguli Warriors 39-33 dalam tembakan tiga angka. Serge Ibaka menyumbangkan 15 poin dalam pertandingan. Andre Iguodala mencetak 22 poin dan Curry 21 poin untuk Warriors, sementara Draymond Green mencatat triple-double -turut dengan 11 poin, 19 rebound, dan 13 assist.

Permainan ini secara resmi menjadi gim terakhir Oracle Arena sebagai rumah NBA untuk Warriors, yang pindah ke Chase Center di San Francisco musim depan setelah bermain di Oakland selama rentang 47 tahun.

Warriors, juara bertahan dua kali, berhasil memimpin 88-86 ke kuartil terakhir kendati kehilangan Thompson dengan 2 menit tersisa di kuartal ketiga karena terkena foul oleh Danny Green saat melakukan upaya dunknya saat Fastbreak. Thompson memegangi lutut kirinya saat mendarat, dan dia langsung jatuh ke lantai terlihat kesakitan. Setelah awalnya menuju ke ruang ganti, Thompson kembali ke lapangan untuk melakukan dua free throw, yang membuat Warriors unggul 85-80 sebelum Golden State sengaja melakukan pelanggaran agar Thompson dapat meninggalkan permainan. Dia tidak pernah kembali.

Comments

comments

Loading...
loading...