Cegah Wabah Campak, New York Larang Pengecualian Vaksinasi

Dihadapkan dengan wabah campak serius dan gerakan anti-vaksin yang terus tumbuh, anggota parlemen New York memilih untuk melarang pengecualian vaksinasi dengan alasan agama yang dapat memungkinkan orang tua untuk menghindari vaksinasi yang diamanatkan sekolah.

Setelah perdebatan sengit, kedua kubu legislatif negara bagian tersebut memilih untuk mengesahkan peraturan itu.

Dengan Gubernur Andrew Cuomo berencana menandatangani RUU tersebut, New York akan bergabung dengan beberapa negara bagian lain, termasuk California, yang telah melarang pembebasan vaksinasi dengan alasan agama.

Pihak berwenang menyatakan campak dihilangkan di Amerika Serikat pada tahun 2000, tetapi ada 1.022 kasus yang dilaporkan di negara ini tahun ini, yang terburuk sejak 1992.

Ada beberapa titik utama di sekitar New York – khususnya di daerah-daerah dengan komunitas Yahudi Ortodoks besar seperti Brooklyn, yang telah melaporkan 588 kasus sejak Oktober, dan Rockland, yang telah melaporkan 266 – yang muncul pada musim gugur lalu dan mengancam penghapusan campak di negara tersebut.

Selama berminggu-minggu, para ahli kesehatan masyarakat telah meminta legislator negara untuk melarang pengecualian agama untuk vaksin, khawatir dengan meningkatnya jumlah orang tua “anti-vaxxer”, yang telah dituduh menggunakan pengecualian agama sebagai alasan untuk tidak memvaksinasi anak-anak mereka.

“Faktanya adalah sekarang ada gerakan yang menentang vaksin dan kita harus menghadapinya dengan informasi yang benar,” kata Senator Demokrat Shelley Mayer.

“Kami mengalami krisis kesehatan masyarakat. Saya percaya waktunya tepat, kami harus melakukan hal yang sulit.”

BACA JUGA:  Pulau Seram dan Ambon akan Tenggelam Akibat Gempa, Benarkah?

Puluhan legislator memberikan suara menentang RUU tersebut, dengan alasan bahwa pelarangan pengecualian agama berisiko melanggar Amandemen Pertama, yang melindungi kebebasan beragama.

“Salah satu hal yang benar-benar membedakan (negara ini) dan membuat kita hebat adalah Amandemen Pertama. Saya pikir ini adalah langkah yang terlalu jauh dan terlalu banyak pelanggaran terhadap kepercayaan agama orang-orang,” kata Senator Republik Andrew Lanza.

“Meminta pengecualian tidak berarti Anda mendapatkannya,” tambahnya, mencatat bahwa pihak berwenang masih bisa menolak permintaan pengecualian yang mereka anggap tidak dapat dibenarkan.

Pejabat kota New York mulai mewajibkan penduduk di daerah yang terkena dampak berat untuk divaksinasi mulai April, tetapi kota itu masih memiliki 173 kasus pada bulan itu dan 60 pada bulan Mei.

Sekolah juga diizinkan untuk memalingkan siswa yang belum diinokulasi, tetapi hal ini tidak menghentikan wabah untuk tumbuh.

Comments

comments

Loading...