California Diguncang Gempa Terbesar dalam 20 Tahun Terakhir

Gempa berkekuatan 6,4 mengguncang California Selatan, gempa terbesar yang melanda wilayah ini dalam 2 dekade terakhir. Getaran dirasakan di Los Angeles hingga Las Vegas.

Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter itu berpusat di dekat kota Ridgecrest, California, sekitar 240 kilometer timur laut Los Angeles. Itu sangat dangkal – sekitar 10,7 km – yang akan memperkuat efeknya, menurut US Geological Survey (USGS).

Ada laporan tentang bangunan yang rusak, kabel listrik putus, saluran air rusak, longsor dan kebakaran di beberapa daerah. Satu jalan raya utama mengalami retakan empat inci di San Bernardino County, menurut juru bicara pemadam kebakaran setempat Jeremy Kern.

Masih belum jelas apakah ada yang terluka dalam gempa itu, yang terjadi tepat pukul 10.30 Kamis waktu setempat.

Gempa itu adalah yang terbesar di California Selatan sejak gempa Tambang Hector 7.1 SR menghantam Pangkalan Korps Marinir Twentynine Palms dan menewaskan puluhan orang pada tahun 1994.

Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan pihak berwenang sedang dalam proses mengurus rumah sakit daerah kota yang dilaporkan mengalami masalah.

“Agak gila di sini sekarang,” katanya sebelum dengan cepat mengakhiri panggilan telepon ke media lokal.

Layanan Cuaca Nasional berpesan di Twitter bahwa gempa itu juga terasa di Las Vegas dan sejauh ini (tidak ada) laporan kerusakan yang signifikan.

Getaran juga terdeteksi di selatan perbatasan di Meksiko, di mana bangunan dievakuasi di kota-kota Tijuana dan Mexicali, menurut pejabat negara Baja.

USGS melaporkan lebih dari 20 gempa susulan telah terjadi setelah gempa awal.

Ahli seismologi Caltech, Lucy Jones, pakar gempa bumi terkemuka di California, mengatakan kepada wartawan di Pasadena untuk mengantisipasi lebih banyak goncangan ketika warga merayakan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat.

“Kita harus bersiap akan terjadinya banyak gempa susulan,” kata Jones.

Jones mengatakan ada kemungkinan kecil bahwa gempa ini merupakan pendahuluan untuk gempa yang lebih besar.

 

“Ada peluan

g sekitar satu per dua puluh bahwa lokasi ini akan mengalami gempa bumi yang lebih besar dalam beberapa hari ke depan, bahwa kita belum melihat gempa bumi terbesar dari urutannya,” katanya.

“Ada ratusan gempa bumi hari ini,” katanya, termasuk lebih dari 100 yang diukur oleh Survei Geologi Amerika Serikat lebih besar dari 2,5 SR.

Tetapi Jones mencatat bahwa gempa itu terjadi bukan karena lempeng San Andreas.

“Ini adalah area dengan banyak lempengan kecil tapi tidak ada lempengan panjang,” tweetnya.

Comments

comments

Loading...
loading...