Belum Pulih dari Gempa Pertama, California Kembali Diguncang Gempa 7.1 SR

Gempa berkekuatan 7.1 SR Kembali mengguncang California Selatan pada hari Jumat waktu setempat, menyebabkan beberapa kerusakan pada bangunan, kebakaran, dan beberapa luka-luka, menurut pihak berwenang.

Gempa terbaru terjadi sekitar 8:20 malam waktu setempat (0320 GMT) di dekat kota Ridgecrest di tepi Taman Nasional Death Valley, sekitar 125 mil (202 km) timur laut Los Angeles, menurut Survei Geologi AS (USGS).

Walikota Ridgecrest Peggy Breeden mengatakan melalui telepon: “Kami mengalami kebakaran, terjadi kebocoran gas, beberapa orang mengalami luka-luka, dan terjadi pemadaman listrik, Kami menanganinya sebaik mungkin.”

Pejabat lain mengatakan sejauh mana cedera dan kerusakan belum diketahui, tetapi sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Gempa pada hari Jumat adalah yang terkuat menghantam California Selatan sejak gempa 7,1 SR menghantam Gurun Mojave dekat Pangkalan Korps Marinir Twentynine Palms pada tahun 1999, kata Lucy Jones, seismolog Institut Teknologi California (CalTech).

Departemen Pemadam Kebakaran Kabupaten San Bernadino melaporkan bahwa gempa hari Jumat telah menyebabkan beberapa kerusakan pada bangunan.

“Rumah bergeser, fondasi retak, menahan dinding,” kata departemen itu di Twitter. “Satu luka ringan sedang dirawat oleh petugas pemadam kebakaran. Tidak ada kebutuhan yang tidak terpenuhi saat ini. ”

Sekelompok gempa susulan telah menyentak wilayah gurun tinggi California Selatan sejak gempa 6.4 pada Kamis pagi di dekat Ridgecrest. Jones mengatakan bahwa gempa itu ternyata merupakan goncangan gempa 7,1 Jumat. Hanya beberapa cedera yang dilaporkan dalam gempa Kamis tetapi dua rumah terbakar akibat pipa gas yang pecah, kata para pejabat.

Layanan kereta komuter Metrolink mengatakan di Twitter bahwa mereka telah menghentikan layanan di Los Angeles, kota berpenduduk 4 juta orang, untuk sementara waktu setelah gempa terbaru.

USGS mengatakan gempa hari Jumat melepaskan sekitar delapan kali lebih banyak energi daripada gempa pada hari Kamis, yang mengguncang bangunan ketika warga California Selatan bersiap-siap untuk perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli.

Perkiraan awal telah menempatkan kekuatan gempa Jumat hampir 11 kali kekuatan gempa Kamis.

Sebagai perbandingan, gempa destruktif besar terakhir yang menyerang California Selatan adalah gempa Northridge berkekuatan 6,7 pada tahun 1994, yang berpusat di daerah padat penduduk Los Angeles. Ini menewaskan 57 orang dan menyebabkan miliaran dolar dalam kerusakan properti.

Laporan kerusakan awal jauh lebih ringan dari gempa hari Jumat, yang melepaskan kekuatan lebih besar daripada peristiwa Northridge tetapi jauh lebih sedikit konsekuensi karena dipusatkan di daerah terpencil yang berpenduduk jarang.

Gempa itu, bagaimanapun, terasa di daerah yang luas – sejauh barat ke kota Pantai Pasifik El Segundo, berdekatan dengan Bandara Internasional Los Angeles, dan sejauh timur ke Las Vegas.

Kolam renang di Los Angeles tumpah ruah dan kamera-kamera TV di Stadion Bisbol liga utama bergetar ketika mereka merekam pertandingan malam antara Los Angeles Dodgers dan San Diego Padres.

Gempa itu memaksa National Basketball Association (NBA) untuk membatalkan penyelesaian dua pertandingan Liga Musim Panas di Las Vegas sementara para ahli memeriksa untuk melihat apakah gempa tersebut merusak integritas sebuah arena di kampus Universitas Nevada Las Vegas.

“Orang-orang tidak tahu apa yang sedang terjadi,” Christian Wood, seorang pemain Liga Musim Panas di New Orleans Clippers, dikutip mengatakan di situs web NBA. “Beberapa orang masih bermain di lapangan.”

Comments

comments

Loading...
loading...