Apollo 11 Kemungkinan Bawa Kuman dari Bulan

Sebuah kesalahan yang dilakukan selama pendaratan Apollo 11 di bulan bisa saja membawa kuman dari bulan ke Bumi, ungkap para astronot.

Ketika ketiga astronot terbang ke Bulan dan kembali, tepat 50 tahun yang lalu bulan ini, NASA bekerja keras untuk memastikan bahwa tidak ada kuman yang dibawa kembali dari permukaan bulan.

Ketiga Kru Apollo 11

Ketiga kru Apollo 11 dimasukkan ke dalam pakaian khusus, dibersihkan dan dibawa ke fasilitas karantina di mana mereka tinggal sampai para ilmuwan dapat yakin bahwa Bumi tidak akan terkontaminasi.

Tetapi wawancara dari sebuah film dokumenter baru – difilmkan oleh PBS dan diungkapkan oleh Space.com – menunjukkan bahwa rencana untuk usaha mereka tersebut dapat dengan mudah gagal, dan bahwa kuman ruang angkasa bisa saja masuk ke atmosfer Bumi meskipun ada upaya terbaik NASA.

Para astronot mencatat bahwa NASA tidak mengira akan ada sesuatu yang hidup di Bulan yang dapat dibawa kembali ke Bumi. Tetapi tindakan pencegahan tetap harus diambil.

Namun, astronot Michael Collins – yang tetap berada di modul komando selama waktu itu, sementara rekan-rekannya Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berada di bulan, kemungkinnan dapat secara tidak sengaja membawa kuman ketika mereka naik kembali – sehingga semua kerja keras mereka menjadi sia-sia setelah mereka mendarat kembali di Bumi.

“Lihatlah seperti ini,” katanya. “Misalkan ada kuman di bulan. Ada kuman di bulan, kami kembali, modul perintah penuh dengan kuman bulan. Modul perintah mendarat di Samudra Pasifik, dan apa yang mereka lakukan? Buka palka. Kau harus membuka palka! Lalu Semua kuman sialan itu keluar! ”

BACA JUGA:  Polemik Dana Desa Terhadap Pemerintahan Desa Di Tanah Karo
Pendaratan Apollo 11 di Samudera Pasifik

Buzz Aldrin membuat pernyataan yang sama dalam rekaman yang menunjukkan para astronot didesinfeksi ketika mereka berada di rakit di sebelah pesawat ruang angkasa ketika mendarat di bumi.

Dia mengatakan bahwa penyelamat telah membersihkannya dengan kain – dan kemudian melemparkan kain yang sama langsung ke air.

“Kain itu membawa semua kuman ke dasar lautan,” katanya dalam wawancara, sambil tertawa. “Aku ingin tahu apakah mereka akan bertahan hidup di sana?”

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...