Pelaut Rusia Tewas Saat Gagalkan Ledakan Nuklir

14 pelaut Rusia tewas ketika terjadi letusan api di atas kapal selam nuklir rahasia minggu lalu mencegah ledakan nuklir “berskala planet,” kata seorang perwira angkatan laut terkemuka di pemakaman mereka, menurut outlet setempat.

Para pelaut meninggal karena menghirup asap pada 1 Juli ketika mereka berysaha  menghentikan api agar tidak menyebar di kapal selam penelitian laut dalam yang meneliti dasar laut di dekat Kutub Utara, menurut Kementerian Pertahanan Rusia.

“Dengan nyawa mereka, [14 pelaut] menyelamatkan rekan-rekan mereka, menyelamatkan kapal dan mencegah bencana skala planet,” kata Sergei Pavlov, ajudan komandan angkatan laut Rusia, dikutip oleh outlet lokal Fontanka seperti yang dikatakan di pemakaman pribadi di Sabtu.

Komentar dari Pavlov yang dikutip di media Rusia tidak menjelaskan bagaimana kobaran api bisa mengakibatkan bencana skala global.

Pejabat di Moskow menghadapi tuduhan mencoba menutupi detail lengkap dari insiden di kapal. Butuh waktu tiga hari bagi Presiden Vladimir Putin untuk secara terbuka mengakui bahwa telah ada reaktor nuklir di dalamnya.

Para pejabat Rusia mengatakan kru itu menahan api dan mengisolasi reaksi nuklir kapal selam itu.

Putin minggu lalu menganugerahkan penghargaan negara tertinggi Rusia – gelar Pahlawan Rusia – untuk empat dari 14 pria dan memberikan penghargaan tertinggi lainnya – Orde Keberanian – kepada yang lain.

Comments

comments

Loading...
loading...