Purl Jam : Kontes Merajut Heavy Metal di Finlandia

Bersenjatakan jarum dan benang wol, regu-regu perajut menari mengikuti alunan musik Heavy Metal dengan suara gitar dan drum yang memekakkan telinga pada Kejuaraan Dunia Merajut Heavy Metal yang pertama di Finlandia pada hari Kamis.

Dengan nama panggung seperti Woolfume, Bunny Bandit dan 9″ Needles, para peserta berbagi tujuan sederhana: untuk menunjukkan keterampilan merajut mereka sambil menari dengan musik heavy metal dengan cara yang paling aneh.

“Ini konyol tapi sangat menyenangkan,” kata Heather McLaren, seorang mahasiswa PhD teknik yang melakukan perjalanan dari Skotlandia untuk mengikuti kejuaraan dunia ini. ″Ketika saya melihat ada kombinasi antara Heavy Metal dan merajut, saya pikir ‘ini adalah jati diri saya. ‘”

Purl Jam : Kontes Merajut Heavy Metal di Finlandia 1
Natalia dari Rusia bersama rekan setimnya menggebrak panggung sembari merajut mengikuti alunan musik Heavy Metal.

Kompetisi berlangsung di alun-alun penuh sesak di kota kecil Joensuu dekat perbatasan Rusia. Sebuah kelompok eklektik yang terdiri dari sekitar 200 orang menyaksikan pertunjukan, dari keluarga dengan anak-anak dan orang tua hingga penggemar Heavy mengenakan jaket kulit dan rambut panjang mereka mengikuti irama musik yang agresif.

Saat ini, Finlandia memiliki jumlah band heavy metal per kapita tertinggi di dunia dengan lebih dari 50 band per 100.000 orang. Bahkan mantan Presiden A.S. Barack Obama mengomentari tradisi yang kaya ini sembari menyambut mitranya dari Finlandia ke Gedung Putih pada tahun 2016.

Purl Jam : Kontes Merajut Heavy Metal di Finlandia 2
Tim Giga Body Metal dari Jepang yang dipimpin Manabu Kaneko sebagai ketua tim berseragam kimono tradisional Jepang

“Finlandia sangat gelap di musim dingin, jadi mungkin kegelapan Heavy Metal itu sudah mengakar dalam jiwa kami. Kami sedikit melankolis, seperti ritme musiknya, “kata Mark Pyykkonen, salah satu dari tiga juri yang menilai kompetisi.

BACA JUGA:  Frederika Alexis Cull Bikin Prestasi Tertinggi Indonesia di Ajang Miss Universe 2019

Mungkin menggabungkan musik heavy metal dengan merajut terlihat sebagai sebagai pertandingan tidak jelas, panitia mengatakan acara ini mirip dengan acara tidak biasa lainnya di Finlandia, seperti kejuaraan dunia air-guitar, sepak bola rawa, dan menggendong istri, cara masyarakat Finlandia untuk bermain-main dan membuat malam musim panas yang panjang menjadi menyenangkan di garis lintang utara ini.

“Musim dingin disini sangatlah gelap dan panjang,” kata Mari Karjalainen, salah satu pendiri acara tersebut. “Hal itu benar-benar memberi kami banyak waktu untuk merencanakan musim panas pendek kami dan menghasilkan ide-ide konyol.”

Kompetisi tersebut memiliki peserta dari sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, dan Rusia, melakukan pertunjukan penuh dengan sandiwara, gairah dan drama serta juri berusaha agar satu suara dalam menunjuk pemenang.

Purl Jam : Kontes Merajut Heavy Metal di Finlandia 3
Ketua tim Giga Body Metal dari Jepang Manabu Kaneko mencium tropi Kejuaraan Merajut Heavy Metal pertama di Finlandia

Akhirnya, tim Giga Body Metal dari Jepang memenangkan pertandingan berkat pertunjukan yang menampilkan pegulat sumo gila dan seorang pria mengenakan kimono tradisional Jepang.

“Ini adalah hiburan yang bagus,” kata Elise Schut, seorang perawat berusia 35 tahun dari Michigan yang tampil bersama ibunya yang berusia 71 tahun dan teman keluarga berusia 64 tahun, Beth Everson, yang menambahkan bahwa “merajut adalah aktivitas meditatif tetapi sekarang menjadi energik dan memompa jantung. ”

Setelah sukses dan bersenang-senang di kejuaraan pertama ini, panitia mengumumkan bahwa mereka akan mengulanginya pada musim panas mendatang, menambahkan Heavy Metal Knitting ke dalam daftar panjang pertemuan musim panas Finlandia yang aneh dan kocak.

Comments

comments

Loading...
loading...