Piramida ‘Bengkok’ Berusia 4.600 Tahun Dibuka Untuk Umum

Mesir telah membuka piramida “bengkok” Raja Sneferu yang berusia 4.600 tahun kepada publik.

Bangunan setinggi 101 meter, di nekropolis kerajaan Dahshur, tepat di sebelah selatan Kairo, merupakan salah satu dari dua piramida yang dibangun untuk Sneferu, firaun yang mendirikan Dinasti Keempat.

Wisatawan diizinkan masuk ke dalam struktur kuno tersebut setelah para arkeolog menemukan “makam tersembunyi” yang berisi mumi, topeng, dan peralatan.

Wisatawan dapat memanjat terowongan sempit 79m dari pintu masuk di wajah utara piramida untuk mencapai dua ruangan jauh di dalam piramida tersebut.

Mereka juga akan dapat memasuki “piramida samping” berdampingan 18m, yang mungkin dibangun untuk istri Sneferu, Hetepheres, dibuka untuk pertama kali sejak penggaliannya pada tahun 1956.

Ketika mereka membuka piramida kepada publik pada hari Sabtu, para arkeolog menunjukkan mumi, masker, alat dan peti mati pada saat penggalian yang dimulai di dekat piramida Dahshur tahun lalu.

Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir, mengatakan: “Ketika kami mengeluarkan benda-benda itu, kami menemukan daerah makam tersembunyi yang sangat kaya.”

Piramida menandai langkah kunci dalam evolusi konstruksi piramida. Bentuk sudutnya kontras dengan sisi lurus Piramida Merah Sneferu di sebelah utara – yang pertama dari piramida Mesir kuno yang sepenuhnya terbentuk dan langkah selanjutnya menuju Piramida Agung Giza.

Arsitek mengubah sudut ketika retakan mulai muncul dalam struktur, menurut Waziri.

Mohamed Shiha, direktur situs Dahshur, mengatakan: “Sneferu hidup sangat lama, para arsitek ingin mencapai bentuk asli piramida.

BACA JUGA:  8.000 Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan Liar

“Tepat di mana dia dimakamkan, kita tidak yakin akan hal itu. Mungkin di piramida ini, siapa yang tahu. ”

Pihak berwenang hendak mempromosikan situs pariwisata di Dahshur ini, yang terletak sekitar 17 mil selatan Kairo pusat.

Situs ini, yang terletak di gurun terbuka, hanya dapat menarik sedikit pengunjung dan saat ini bebas dari calo dan hiruk pikuk Giza.

Promosi Dahshur adalah bagian dari dorongan yang lebih luas untuk meningkatkan pariwisata, sumber penting pendapatan asing bagi Mesir yang menurun tajam setelah pemberontakan negara 2011 sebelum secara bertahap pulih.

Para arkeolog juga meluncurkan makam terdekat Sa Eset, seorang pengawas piramida di Kerajaan Tengah, yang telah ditutup sejak penggaliannya pada tahun 1894 dan berisi teks-teks penguburan hieroglif yang diawetkan dengan halus.

Duta besar asing yang diundang untuk menghadiri pengumuman arkeologis itu dibawa ke ruang sempit makam, yang diperkirakan tidak akan dibuka untuk umum selama dua tahun lagi.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...