Raja Kartel Narkoba El Chapo Dipenjara Seumur Hidup

Joaquin “El Chapo” Guzman, seorang raja narkoba terkenal sering dianggap sebagai salah satu pedagang narkoba terkuat dalam sejarah, telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah tiga puluh tahun oleh hakim federal AS.

Hukuman itu menandai akhir yang merendahkan bagi gembong narkoba yang dikenal karena kemampuannya untuk membunuh, menyuap, atau menggali jalan keluar dari masalah.

Penguasa narkoba berusia 62 tahun itu, yang telah dilindungi di Meksiko oleh pasukan gangster dan operasi korupsi yang rumit, dibawa ke AS untuk diadili setelah dua kali melarikan diri dari penjara Meksiko.

Sebelum dijatuhi hukuman, Guzman mengeluhkan kondisi kurungannya dan memberi tahu hakim bahwa permintaannya untuk persidangan yang adil ditolak. Dia mengatakan Hakim Distrik AS Brian Cogan gagal untuk menyelidiki secara menyeluruh klaim kesalahan juri.

Putusan bersalah pada bulan Februari di persidangan 11 minggu Guzman memicu hukuman seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

Bukti-bukti menunjukkan bahwa di bawah perintah Guzman, kartel Sinaloa bertanggung jawab atas penyelundupan kokain dan obat-obatan lainnya ke Amerika Serikat selama 25 tahun pemerintahannya, kata jaksa penuntut dalam surat-surat pengadilan yang menutup kembali persidangan.

Mereka juga mengatakan “pasukan sicario”-nya sedang dalam perintah untuk menculik, menyiksa, dan membunuh siapa saja yang menghalangi jalannya.

Pihak pembela berargumen bahwa ia dijebak oleh pelaku trafiking lain yang menjadi saksi pemerintah sehingga mereka bisa mendapatkan potongan hukuman dalam kasus mereka sendiri.

Guzman sebagian besar telah terputus dari dunia luar sejak ekstradisinya pada 2017 dan pernyataannya di ruang sidang Rabu bisa menjadi kata-kata terakhir yang didengar publik darinya.

BACA JUGA:  Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Diri

Guzman berterima kasih kepada keluarganya karena memberinya “kekuatan untuk menghadapi penyiksaan yang telah saya alami selama 30 bulan terakhir.”

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...