Topan Lekima : Jutaan Warga Mengungsi, 18 Meninggal

Lebih dari satu juta orang telah dievakuasi dari rumah mereka dan setidaknya 18 orang meninggal ketika Topan Lekima melanda Tiongkok.

Empat belas orang lainnya juga hilang setelah tanah longsor terjadi akibat badai.

Ratusan feri dan layanan kereta ditutup ketika Lekima menghantam pantai selatan Shanghai pada Sabtu dini hari, lebih dari 3.000 penerbangan telah dibatalkan.

Badai pada awalnya dikategorikan sebagai “topan super” awal pekan ini tetapi melemah sebelum mencapai provinsi Zhejiang, Cina timur.

Topan tersebut, yang berkekuatan 116 mph, telah menyebabkan lebih dari 200 rumah ambruk dan merusak 3.200 lainnya.

Rekaman dramatis menunjukkan orang-orang di daerah yang terkena dampak paling parah diselamatkan dari air yang mengalir deras menelan rumah-rumah warga. Kru darurat bekerja untuk membebaskan orang yang terjebak dalam mobil, dan gambar menunjukkan badai telah merobohkan banyak pohon.

Media pemerintah China mengatakan sekitar 2,7 juta rumah kehilangan listrik setelah saluran listrik putus oleh angin kencang.

Topan sekarang perlahan-lahan bergerak ke arah utara melalui provinsi Zhejiang dan diperkirakan akan menghantam Shanghai – kota terpadat di Cina yang menampung lebih dari 25 juta orang.

Sementara Shanghai mengungsikan sekitar 250.000 penduduk, 800.000 lainnya di provinsi Zhejiang juga terpaksa mengungsi dari rumah mereka.

Biro cuaca China mengeluarkan kode merah, peringatan tingkat tertinggi, untuk provinsi Zhejiang. Hal ini memicu pihak berwenang untuk menyiapkan evakuasi, menangguhkan kereta, layanan udara dan api, dengan kantor dan sekolah di daerah yang terkena dampak disarankan untuk menutup toko.

BACA JUGA:  PM Kanada Justin Trudeau Minta Maaf Atas Foto Rasis

Sekitar 4.900 kapal nelayan kembali ke pelabuhan di kota Taizhou, Zhejiang, menurut media pemerintah.

Lebih dari 180 tim penyelamat, 36.000 petugas pemadam kebakaran dan 8.400 mobil pemadam bersiaga sebelum pendaratan Lekima di provinsi Zhejiang.

Media pemerintah mengatakan tanah longsor yang fatal itu terjadi di Wenzhou setelah sebuah danau penghalang – atau bendungan alami – mengumpulkan air dari hujan lebat sebelum akhirnya terjadi longsor.

Badai melanda beberapa pulau kecil Jepang pada hari Jumat sebelum mencapai Laut Cina Timur dan melewati utara Taiwan. Pulau itu menutup sekolah dan kantor pada hari Jumat – dengan sekitar 40.000 rumah tanpa listrik.

Lekima adalah topan keempat di Pasifik barat minggu ini – dengan Topan Wipha membawa angin kencang dan hujan deras ke China akhir pekan lalu.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...