Akhirnya Indonesia U-18 Gagal ke Final Piala AFF 2019 Usai Dikalahkan Malaysia

Meskipun berjuang keras saat menghadapi Malaysia di semifinal Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia U-18 gagal lolos ke babak final. Garuda Nusantara harus mengakui keunggulan Malaysia dengan skor 3-4 di Stadion Binh Duong, Vietnam, Sabtu (17/8/2019).

Pada awal pertandingan kedua tim bermain sangat hati-hati. Para pemain Indonesia dan Malaysia tidak mau terburu-buru meningkatkan tensi pertandingan. Sekalipun, Malaysia yang mengandalkan aksi Luqman Hakim beberapa kali mampu membuka pertahanan Indonesia. Namun, benteng pertahanan Indonesia masih kukuh untuk ditembus oleh para pemain negeri jiran ini.

Pemain Indonesia, Bagus Kahfi beberapa kali menebar ancaman ke gawang Malaysia yang dikawal Sikh Izhan. Namun, justeru kebobolan di menit ke 18, tendangan bebas pemain Malaysia Aiman Aifit dari luar kotak penalti, tak mampu ditepis kiper Ernando Ari karena sempat menyentuh salah satu pemain Indonesia.

Gol Malaysia ini sempat menggoyahkan mental para pemin Indonesia, untung saja hal tersebut tidak berlangsung lama. Motivasi yang terus dikobarkan dari pinggir lapangan membuat pemain muda Indonesia kembali menemukan permainan terbaiknya, sehingga membuat para pemain Malaysia bertahan total.

Para pemain Malaysia yang awalnya begitu percaya diri menekan Indonesia dibuat tak bisa keluar dari daerah pertahanan sendiri. Serangan bergelombang yang dilancarkan dari semua lini banyak melahirkan peluang. Dan akhirnya Bekcham Putra sukses menyamakan kedudukan sebelum babak pertama berakhir, skor imbang 1-1.

Pada babak kedua, Malaysia mencoba mengubah taktik permainan dengan menekan lebih berani dan tidak mengandalkan serangan balik. Bahkan Malaysia mencoba menekan setengah lapangan sempat dan sempat membahayakan gawang Indonesia.

BACA JUGA:  Persija Ditumbangkan Semen Padang FC Pada Saat Ijury Time

Pada menit 54, Luqman Hakim akhirnya mampu membawa Malaysia kembali unggul. Tendangannya dari kotak penalti bisa memperdaya Ernando Ari.

Karena ketinggalan, pemain Indonesia Beckham sempat membuat pertahanan Malaysia kocar-kacir usai  mencuri bola dari penguasaan pemain Malaysia. Sayangnya setelah masuk kotak penalti umpan yang disodorkan tak mampu dimanfaatkan Bagus Kahfi.

Indonesia baru bisa menyamakan kedudukan di menit 79 melalui Fajar, namun kurang lebih satu menit kemudian, Salman Alfarid berhasil membuat gawang Malaysia bergetar. Indonesia balik unggul 3-2.

Keunggulan Indonesia kembali dimentahkan Malaysia, menyusul pelanggaran di kotak penalty. Hanth Haiqal yang menjadi algojo pun berhasil menuntaskannya menjadi gol penyeimbang antara Indonesia dan Malaysia.

Sampai babak kedua berakhir skor tidak berubah, 3-3 sehingga harus dimainkan tambahan waktu 2×15 menit.

Namun di awal babak tambahan waktu, Indonesia harus kecolongan setelah Haiqal berhasil memanfaatkan umpan tendangan bebas. Sekalipun sudah berusaha mengejar ketinggalan, pasukan Merah Putih gagal mencetak gol. Malaysia akhirnya menang dengan skor akhir 4-3.

Comments

comments

Loading...