50.000 Orang Terpaksa Mengungsi Akibat Kebakaran

Puluhan ribu orang kehilangan tempat tinggal di Bangladesh setelah kebakaran merobek permukiman kumuh di ibu kota Dhaka.

Sekitar 15.000 rumah hancur dalam kebakaran itu, yang melanda daerah Mirpur Jumat malam dan menyebabkan 50.000 orang kehilangan tempat tinggal, menurut BBC.

Atiqul Islam, walikota Korporasi Kota Utara Dhaka (DNCC), mengatakan bahwa korban kebakaran akan dijaga di tempat penampungan sementara sampai pemukiman mereka dapat dibangun kembali.

“Semua kebutuhan dasar bagi para tunawisma akan berlanjut sampai rehabilitasi mereka,” kata Islam kepada surat kabar lokal Dhaka Tribune setelah mengunjungi tempat kejadian.

Dia menambahkan bahwa “tempat-tempat permanen” sedang dibangun di dekatnya untuk menampung para korban kebakaran, yang berlangsung selama enam jam.

Banyak warga dilaporkan sedang jauh dari kota merayakan festival Hari Raya Idul Adha pada saat kebakaran.

Sejauh ini tidak ada kematian yang dilaporkan dari kebakaran, meskipun beberapa orang terluka.

Api diperkirakan telah menyebar dengan cepat karena banyak rumah di daerah kumuh terbuat dari kayu atau bambu dan memiliki atap plastik.

Belum ada informasi tentang penyebab kebakaran tetapi penyelidikan telah dimulai, dengan laporan diharapkan dalam waktu 15 hari kerja.

Penduduk di daerah yang terkena sebagian besar berpenghasilan rendah, seperti pekerja garmen dan pekerja harian, yang pindah ke kota untuk bekerja tetapi kadang-kadang pergi untuk liburan keagamaan.

Pada Sabtu pagi, beberapa warga dilaporkan kembali ke rumah mereka untuk melihat apakah ada sesuatu dari reruntuhan yang bisa mereka jual.

BACA JUGA:  Bom Bunuh Diri Afganistan : 24 Tewas, 31 Luka-Luka

Meskipun kantor berita dunia BBC melaporkan 15.000 rumah hancur dalam kebakaran, laporan berita lokal sebelumnya menunjukkan jumlah rumah yang rusak lebih rendah.

Tribune Dhaka mengatakan lebih dari 1.000 gubuk terbakar di dalam api, mengutip pejabat dinas pemadam kebakaran dan penduduk setempat, Jumat.

Pada bulan Februari, setidaknya 80 orang tewas dan 50 lainnya cedera di Dhaka setelah kebakaran terjadi di sebuah bangunan perumahan yang menyimpan bahan-bahan yang mudah terbakar dan menyebar ke distrik kota yang padat.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...