Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Italia telah mengumumkan pengunduran dirinya, di tengah kekacauan dalam koalisi pemerintahan Italia.

Giuseppe Conte mengatakan dalam debat parlemen pada hari Selasa sore bahwa ia akan menghadap ke presiden untuk mengundurkan diri pada akhir pertemuan hari itu.

Pengumumannya datang setelah berminggu-minggu pertikaian antara Gerakan Bintang Lima yang populis dan mitra koalisi mereka, Liga sayap kanan.

Liga telah mengatakan akan memberikan mosi tidak percaya pada pemerintah, dengan pemimpinnya Matteo Salvini fokus kepada pemilihan awal, di mana hasil survei menunjukkan partainya akan membuat keuntungan besar.

“Liga harus bertanggung jawab atas keputusan mereka yang mengacaukan segalanya, membuka krisis pemerintah pada pertengahan Agustus, hanya untuk mengejar pemilihan,” kata Luigi di Maio, pemimpin Gerakan Bintang Lima.

Tetapi pemilihan mungkin tidak dapat dihindari jika koalisi pemerintahan baru dapat dibentuk, dengan laporan bahwa Partai Demokrat tengah-kiri sedang mempertimbangkan memasuki pemerintahan dengan Gerakan Bintang Lima.

Mr Conte secara teknis adalah broker independen antara dua partai koalisi yang ada, meskipun ia diusulkan oleh Gerakan Bintang Lima dan dianggap lebih dekat dengan mereka.

Pendiri Gerakan Lima Bintang Beppe Grillo mencap Mr Salvini sebagai “pengkhianat” pada hari Minggu, sementara tokoh senior M5S lainnya mengatakan mereka tidak pernah ingin bekerja dengan pemimpin Liga lagi.

Ketegangan di dalam koalisi mengenai kebijakan telah diperburuk oleh kecenderungan menteri dalam negeri sayap kanan untuk menempatkan dirinya sebagai pemimpin de facto Italia di panggung dunia – meskipun peran formalnya terbatas pada kebijakan dalam negeri.

BACA JUGA:  Sebanyak 30 Anggota DPRD Kota Binjai Dilantik Periode 2019-2024

Keruntuhan pemerintah seolah-olah dipicu oleh pertikaian kebijakan tentang jalur kereta berkecepatan tinggi baru ke Prancis, yang ditentang oleh Gerakan Bintang Lima tetapi Liga mendukung. Liga memilih dengan partai-partai oposisi di senat awal bulan ini untuk menolak mosi M5S untuk membatalkan batas.

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...