DP4 Pilkada Serentak 2020 Diserahkan Kemendagri Februari 2020

Daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) untuk pilkada serentak 2020 rencananya akan diserahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Februari 2020 nanti. DP4 ini nantinya akan diolah untuk penjadi daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2020.

”DP4 di jadwalkan sekitar tanggal 20 sam – pai 24 Februari tahun de pan. Jadi masih panjang,” ujar Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh dirilis oleh sindonews.com, Selasa (10/9/2019).

Hal itu disampaikan oleh Zudan sepanjang tidak ada perubahan mekanisme dalam penyusunan DP4 pilkada mendatang. ”Data kependudukan dari daerah dikumpulkan di pusat. Dikonsolidasikan di Kemendagri, lalu diserahkan ke KPU untuk dimutakhirkan menjadi DPT. Bukan daerah yang menyerahkan ke KPUD masing-masing,” katanya.

Zudan juga menegaskan, ada atau tidak adanya pilkada proses updating kependudukan terus berlangsung. Dia mengatakan bahwa DP4 hanya salah satu tugas tambahan Dukcapil mendukung proses demokrasi.

”Validasi data kependudukan berjalan terus. Pilkada hanya tugas tambahan dari Dukcapil mendukung demokrasi sesuai Pasal 58 ayat 4 Undang-Undang Adminduk. Karena data kependudukan salah satunya untuk demokratisasi, nah prosesnya berjalan seperti biasa. Dan, itu terus kita lakukan di seluruh Indonesia baik validasi ataupun updating data kependudukan,” pungkasnya.

Sumber: sindonews.com

Comments

comments

Loading...