Kapal Pertamina Tenggelam Di Belawan 3 ABK Selamat

MEDAN | Terjangan angin kencang dan ombak besar mengakibatkan kapal Moring Boat PMB 6 milik Pertamina tenggelam di perairan belawan lebih kurang 8 Mil sebelah Timur Belawan Sumatera Utara, Selasa malam(10/09/19). Terkait insiden tersebut menewaskan 1 Nahkoda Kapal dan 3 anak buah kapal mengalami luka-luka.

ketiga ABK yang mengalami luka-luka bernama Nanda Armanda (28) warga Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat, Ahmad Gufroni (36) warga Kecamatan Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat dan Ades Pranata Sitepu (22) warga Desa Naman Kecamatan Karo Kabupaten Tanah Karo. Ketiga yang selamat kini dirawat di RS TNI AL Komang Makes Belawan.

Sedangkan 1 Nahkoda Kapal yang tertahan di ruang kemudi dan tak mampu menyelamatkan diri dan akhirnya meningal dunia bernama Rudi Prayouw (52)warga Jalan Bakti Abri, Gang Ustad Samsir, Kompolek Pabrik Besi Blok C 35, Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan, Sumatra Utara.

Menurut informasi yang berkembang dimana saat Kapal Moring Boat PMB 6 milik Pertamina dengan Nakhoda beserta ketiga ABK sedang melepaskan tali dengan cara bersamaan membuka selang kapal tanker yang telah selesai membongkar muatan BBM melalui Buoy Pipa Pertamina Singel point Moring (SPM) di tengah laut ke Depo Pertamina di Labuhan. Ketika itu tiba-tiba cuaca buruk disertai hujan deras dan gelombang tinggi menghantam badan kapal.

Untuk menghindari angin kencang dan ombak yang semakin membesar, nahkoda memutuskan untuk melakukan manuver kemudian mesin kapal mendadak mati. Pada saat itu, ujung selang sedang terikat pada haluan Kapal Moring.

BACA JUGA:  Kebakaran Landa Sekolah Agama, 27 Anak Tewas

Akibat hembusan angin kencang, ombak makin membesar sehingga Kapal Moring tidak bisa mengendalikan lalu terhempas ke bawah Kapal Tanker Pertamina yang telah selesai bongkar BBM di tengah laut.
Kemudian Kapal milik Pertamina itu tidak dapat bertahan lama dan tenggelam, sementara 3 anak buah kapal menyempatkan untuk melompat dari atas kapal sedangkan 1 rekannya tidak dapat menyelamatkan diri. Para korban dievakuasi dan dibawa ke RS TNI AL Komang di Jalan Bengkalis Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan. (Acong Sembiring)

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...