AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11

Departemen Kehakiman AS berencana untuk mengungkapkan nama pejabat Saudi yang diduga membantu para pembajak yang melakukan serangan teror 11 September 18 tahun lalu, di tengah tekanan dari keluarga korban dan hubungan yang tegang antara Washington dan Riyadh.

Keputusan itu, pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal, diumumkan pada hari Kamis, dan mengikuti tekanan selama berbulan-bulan dari keluarga korban kepada Donald Trump agar mengumumkan nama itu kepada publik, termasuk surat terbaru kepada presiden yang mengatakan bahwa nama-nama tersebut akan membantu mereka untuk “akhirnya mempelajari kebenaran penuh dan mendapatkan keadilan dari Arab Saudi.”

AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11 1

FBI mengatakan bahwa nama itu akan dirilis karena “sifat luar biasa dari kasus ini”, dan bahwa hanya satu nama Saudi yang paling dicari oleh pejabat akan dirilis. Tidak ada informasi lain yang dicari oleh keluarga yang akan dirilis oleh FBI.

Dalam 18 tahun terakhir, Riyadh telah membantah terlibat dalam serangan itu, yang menewaskan hampir 3.000 orang di World Trade Center, Pentagon, dan di sebuah lapangan di Pennsylvania di mana penumpang berhasil mendaratkan salah satu pesawat yang dibajak sebelum dapat menabrak target ketiga.

AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11 2

Selama beberapa bulan terakhir, keluarga telah meminta pengungkapan empat halaman data FBI yang disimpan sejak 2012, di mana tiga orang yang mungkin telah membantu dua pembajak disebutkan namanya. Orang-orang itu diduga membantu dua pembajak di California untuk mendapatkan surat izin penerbangan, mencari perumahan, dan membantu urusan-urusan lain.

AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11 3

Dua dari orang-orang itu, Fahad al-Thumairy dan Omar al-Bayoumi, sebelumnya disebut. Mereka berdua memiliki hubungan dengan pemerintah Saudi, menurut FBI dan dokumentasi kongres.

BACA JUGA:  Gempa Magnitude 7,4 Guncang Maluku Utara, Berpotensi Tsunami

Pengacara untuk keluarga pada awalnya berusaha untuk memanggil versi yang tidak dihapus dari data empat halaman tahun lalu.

AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11 4

Pihak lain yang terlibat dalam upaya lobi itu termasuk sekutu Trump, anggota Kongres Matt Gaetz, yang dilaporkan mendesak pengungkapan tersebut setelah pembunuhan jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi tahun lalu. Pemerintah Saudi terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, di Turki.

AS Akan Beberkan Nama Pejabat Arab Saudi Yang Terlibat dalam Peristiwa 9/11 5

Terlepas dari pembunuhan itu, dan meningkatnya kegelisahan dari anggota parlemen di Capitol Hill yang marah atas keterlibatan Arab Saudi dalam perang berdarah di Yaman, Trump berusaha untuk mempertahankan hubungan yang kuat dengan Riyadh.

Trump menganggap negara itu sebagai sekutu penting, dan telah memuji pembelian senjata besar-besaran oleh pemerintah Arab Saudi.

Comments

comments

Loading...
loading...