Gerindra Tagih Janji Jokowi Soal Kebakaran Hutan

INDEKSNEWS – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kebakaran hutan ini dinilai sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat.

Akibatnya, anggota DPR RI terpilih dari Fraksi Partai Gerindra, Andre Rosiade pun menagih janji kepad Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap janji kampanyenya yang tidak akan terjadi lagi kebakaran. Selain itu, Jokowi juga berjanji akan mencopot anggota TNI dan Polri yang gagal mengatasi karhutla.

Adapun hal itu diungkapkan oleh Andre menyusul asap kebakaran tersebut saat ini sudah sampai ke daerah pemilihannya (Dapil) semasa Pileg 2019 yakni di Padang, Sumatera Barat.

“Mana janjinya katanya mau mencopot (anggota TNI-Polri). Karena ini soal kesehatan orang. Masyarakat banyak yang meninggal dunia kalau tidak ada tindakan konkret,” kata Andre di Jakarta, Jumat, (13/9/2019).

Andre mengaku jika dirinya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dengan asap kebakaran hutan yang saat ini telah sampai ke Kota Padang. Meski begitu, lokasi kebakaran hutan itu sendiri berada di kawasan Riau. Sementara di Sumatera Barat sendiri bisa dibilang tidak ada titik api. Sehingga, pemprov Sumbar pun mengeluarkan surat edaran untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

“Jadi ini (janji Jokowi) sudah mendua dan semena-mena. Di mana masyarakat Riau dan Pekanbaru berarti sudah kondisi dan keadaan sudah level membahayakan,” terangnya.

Presiden Jokowi, beber Andre, sempat menyatakan bahwa tidak ada kebakaran hutan saat debat Pemilihan Presiden 2019. Andre menilai, pernyataan presiden itu, sangat berbeda dengan keadaan yang terjadi di lapangan.

BACA JUGA:  Menpora Jadi Tersangka Kasus Suap Pemberian Dana Hibah KONI

Andre menyebut, hingga kini belum ada tindakan konkret dari pemerintah mengenai kebakaran yang terjadi saat ini. “Saya enggak lihat Pak Jokowi lihat kebakaran hutan. Dulu kita lihat video foto jalan-jalan sekarang enggak ada dengar, imbauan Bu Menteri juga enggak ada,” tutupnya.

Sebelumnya, Jokwi pernah memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mencopot anak buahnya yang tak bisa mengatasi Karhutla.

“Saya kemarin sudah telepon Panglima TNI, saya minta copot yang tidak bisa mengatasi. Saya telepon lagi tiga atau empat hari yang lalu ke Kapolri, copot kalau enggak bisa mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” kata Jokowi, dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan 2019, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8).

BACA JUGA

Comments

comments

Loading...
loading...